Bola Internasional

Merasa Tidak Didukung Penuh, Klinsmann Tinggalkan Hertha Berlin dengan Kekacauan

Rabu, 12 Februari 2020 15:27 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Jurgen Klinsmann menyatakan pengunduran dirinya sebagai pelatih kepala Hertha Berlin. Copyright: © Getty Images
Jurgen Klinsmann menyatakan pengunduran dirinya sebagai pelatih kepala Hertha Berlin.

INDOSPORT.COM – Kabar mengejutkan datang dari Bundesliga Jerman, secara tiba-tiba Jurgen Klinsmann menyatakan pengunduran dirinya sebagai pelatih Hertha Berlin pada hari Selasa kemarin (11/2/2020) setelah hanya memimpin klub ibukota tersebut dalam 9 laga saja.

Legenda Jerman yang juga pernah melatih timnas Amerika Serikat ini menyatakan jika dirinya tidak bisa melanjutkan tanggung jawabnya sebagai pelatih tanpa kepercayaan dan dukungan penuh dari manajemen Hertha Berlin.

“Setelah memikirkan cukup lama, akhirnya saya tiba pada satu kesimpulan untuk kembali ke belakang layar dan meninggalkan jabatan saya sebagai pelatih di Hertha Berlin,” ujar Klinsmann seperti dikutip dari The Globe and Mail.

Klinsmann sendiri baru ditunjuk untuk menjadi pelatih di Hertha pada tanggal 27 November 2019 lalu. Eks juru taktik Timnas Jerman ini dijanjikan akan memperoleh dana segar senilai 250 juta dollar (3,4 triliun rupiah) untuk merombak skuatnya agar bisa bersaing untuk mendapatkan satu tiket di zona Eropa.

Alih-alih mendapatkan suntikan dana segar, Klinsmann merasa manajemen tidak memberinya dana untuk melakukan perburuan di bursa transfer musim dingin kemarin. Hal yang membuatnya merasa tidak didukung secara penuh oleh manajemen klub.

Selain itu, dirinya juga merasa pergerakannya di bursa transfer sangatlah dibatasi. Dia menginginkan manajemen mengubah peran pelatih agar bisa mempunyai lebih banyak kuasa untuk menjual dan mendatangkan pemain. Hal yang juga tidak diwujudkan oleh Hertha Berlin.

Sejauh ini Hertha berada di posisi ke-14 klasemen sementara Bundesliga Jerman dengan raihan 23 poin. Terpaut 6 poin dari Fortuna Dusseldorf di zona degradasi. Untuk sementara, jabatan pelatih Hertha akan dipegang oleh Alexander Nouri, asisten Klinsmann ketika dirinya masih menjadi pelatih Hertha.