Liga Italia

Napoli, Klub Labil yang Tak Lupa Caranya Taklukkan Raksasa Liga Italia

Kamis, 13 Februari 2020 08:31 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© SSC Napoli/GettyImages
Selebrasi Para Pemain Napoli usai Lorenzo Insigne mencetak gol ke gawang Liverpool Copyright: © SSC Napoli/GettyImages
Selebrasi Para Pemain Napoli usai Lorenzo Insigne mencetak gol ke gawang Liverpool

INDOSPORT.COM - Napoli musim ini gagal bersaing di papan atas Liga Italia seperti sebelum-sebelumnya. Namun mereka seakan tak pernah lupa bagaimana mengalahkan tim-tim raksasa.

Selalu menjadi salah satu pesaing Juventus untuk meraih gelar juara di musim-musim sebelumnya, musim ini Napoli justru terpuruk dan terlempar ke peringkat 11 klasemen Liga Italia hingga pekan ke-23.

Klub asal kota Naples itu bahkan hanya bisa meraih delapan kemenangan, di saat sudah kalah sebanyak sembilan kali di Liga Italia musim ini.

Buah penampilan buruk Napoli musim ini, pelatih mereka Carlo Ancelotti pun menjadi korban. Terdepak dari kursi kepemimpinan dan digantikan Gennaro Gattuso.

Tak Pernah Lupa Caranya Taklukkan Raksasa

Seperti disinggung sebelumnya, di Liga Italia musim ini Napoli memang gagal menjaga konsistensinya bersaing di papan atas, seperti musim-musim sebelumnya.

Dengan nama besarnya, klub berjuluk Partenopei itu harus rela menelan kekalahan dari klub-klub semenjana. Seperti kekalahan 2-3 atas Lecce di pekan ke-23 Liga Italia (09/02/20).

Menariknya meski harus menelan kekalahan lebih banyak dari kemenangan musim ini di Liga Italia, Napoli masih bisa menjaga nama besarnya di hadapan klub-klub raksasa yang kini bersaing di daftar teratas klasemen Liga Italia. Seperti Juventus, Inter Milan, dan Lazio.

Melawan Juventus misalnya, Napoli bisa menjadi salah satu dari tiga klub yang bisa mengalahkan juara bertahan Liga Italia itu di kompetisi musim ini.

Itu terjadi pada pekan ke-21, Minggu (26/01/20) dalam skor tipis 2-1. Kemenangan itu sekaligus membalaskan kekalahan pertama mereka atas Juventus, yang terjadi di pekan ke-2 dengan skor 3-4.

Sementara dengan pemuncak klasemen Inter Milan dan klub peringkat tiga Lazio, Napoli baru masing-masing berjumpa sekali di Liga Italia. Dan itu harus mereka akhiri dengan kekalahan, 1-3 dari Inter Milan dan 0-1 dari Lazio.

Tetapi dengan Inter Milan dan Lazio di musim ini, Napoli masih tetap bisa mengangkat kepalanya. Karena mereka tetap bisa mengalahkan keduanya di kompetisi domestik lain, Coppa Italia.

Melawan Lazio, Napoli sukses mencuri kemenangan saat berhadapan di perempatfinal Coppa Italia (21/01/20) dengan skor tipis 1-0. 

Sedangkan melawan Inter Milan, seperti yang diketahui, kemenangan sukses dibawa pulang Napoli pada leg pertama semifinal Coppa Italia dinihari ini, Kamis (13/02/20).

Buat Napoli yang masih tampil labil di musim ini, catatan tersebut jelas merupakan hal yang spesial. Karena juga belum ada klub lain yang bisa melakukan hal yang sama, seperti yang dilakukan mereka, mengalahkan tiga tim teratas klasemen Liga Italia.