Liga Indonesia

Bersaing dengan Markas Tottenham Hotspur, Papua Bangkit Masuk Nominasi Stadion Terbaik Dunia

Kamis, 13 Februari 2020 07:26 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT/Sudjarwo
Stadion Papua Bangkit tampak dari luar. Copyright: © INDOSPORT/Sudjarwo
Stadion Papua Bangkit tampak dari luar.

INDOSPORT.COM - Secara mengejutkan Stadion Papua Bangkit yang terletak di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura masuk dalam nominasi stadion terbaik di dunia tahun 2019, bersama stadion megah milik klub elite Inggris, Tottenham Hotspur dan 19 stadion lainnya dari berbagai negara.

Stadion yang akan menjadi venue utama perhelatan PON XX di Papua itu menjadi salah satu nomine versi media online Polandia, Stadiumdb.com, edisi ke-10.

Penobatan Stadion terbaik di dunia versi Stadiumdb.com itu akan dipilih melalui voting online di situs tersebut, votingnya akan dibuka hingga 15 Maret mendatang.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alex Kapisa, berharap seluruh masyakarat Indonesia ikut mendukung dan memberikan voting untuk Stadion Papua Bangkit

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bantu memberikan voting agar Stadion Papua Bangkit bisa menjadi stadion terbaik di dunia," ujar Alex kepada wartawan di Jayapura, Rabu (12/2/20).

Ia menuturkan, pemerintah dan masyarakat Papua merasa bangga karena Stadion Papua Bangkit yang dibangun dengan anggaran APBD sebesar Rp1,3 triliun itu bisa masuk dalam nominasi stadion terbaik tahun 2019.

"Kami berharap, Stadion Papua Bangkit bisa terpilih menjadi stadion terbaik dunia. Mari sama-sama kita berikan dukungan dan memberikan voting," harapnya.

Stadion-stadion yang akan bersaing dengan stadion Papua Bangkit untuk menjadi yang terbaik di dunia di antaranya Tottenham Hotspur Stadion (Inggris), Tehelne Pole (Slovakia), VTB Arena Central Stadium (Rusia).

Datong Sport Centre Stadium (RRC), Reale Arena (Spanyol), Puskas Arena (Hungaria), MOL Arena (Slovakia), Five Rings Sport Stadium (RRC), Daegu Bank Park (Korsel), Air Albania Stadium (Albania) dan Allianz Field (Amerika Serikat).

Selain itu, ada juga Estadio Fiscla de Talca (Chili), Estadio Jorge Luis Hirschi (Argentina), Stadionul Municipal (Rumania), Al Janoub Stadium (Qatar), Eryaman Stadyumu (Turki).

Al Maktoum Stadium (UEA), Bankwest Stadium (Australia), New Clark City Stadium (Filiphina), Japan National Stadium (Jepang). 

1