Liga Indonesia

Tampil di Piala AFC, Peringkat Asia Bali United Meroket dan PSM Makassar Anjlok

Kamis, 13 Februari 2020 14:16 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Peringkat Asia Bali United mengalami perubahan karena meroket tajam dan PSM Makassar malah anjlok usai tampil di Piala AFC 2020. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Peringkat Asia Bali United mengalami perubahan karena meroket tajam dan PSM Makassar malah anjlok usai tampil di Piala AFC 2020.

INDOSPORT.COM - Peringkat Asia Bali United mengalami perubahan karena meroket tajam dan PSM Makassar malah anjlok usai tampil di Piala AFC 2020.

Bali United (juara Liga 1 2019) dan PSM (kampiun Piala Indonesia 2018-19) mewakili Indonesia untuk tampil di kompetisi Asia Tenggara bernama Piala AFC.

Piala AFC, tepatnya babak grup, telah berlangsung sejak awal Februari 2020. Sebagian klub sudah melangsungkan pertandingan bergengsi.

Tak terkecuali dua wakil Indonesia, yakni Bali United dan PSM. Bali United bertemu Than Quang Ninh sedangkan PSM melawat ke Tampines Rovers.

Bermain di hadapan publik sendiri sukses dimanfaatkan dengan baik oleh Bali United dengan menggulung wakil Vietnam Than Quang Ninh dengan skor 4-1 di Grup G.

Hal ini menjadi catatan yang cukup baik untuk Bali United dalam menatap pertandingan berikutnya di Piala AFC ataupun Liga 1.

Sementara itu PSM Makassar malah takluk di markas wakil Singapura Tampines Rovers dengan skor 1-2 pada laga perdana Grup H.

Kepala pelatih PSM Bojan Hodak mengaku dapat banyak pelajaran dari laga tersebut. Sebab Tampines Rovers dianggap bermain bagus dalam pergerakan tanpa bola dan lari jarak pendek.

Peringkat Berubah

© INDOSPORT
Logo Piala AFC. Copyright: INDOSPORTLogo Piala AFC.

Kendati demikian ternyata ada hal menarik yang bisa diterka bersama oleh para penggemar sepak bola nasional dari kiprah Bali United dan PSM.

Hal mencengangkan yang dimaksud ialah berubahnya peringkat Asia dari dua wakil Indonesia itu ketika menjalani pagelaran Piala AFC.

Kabar ini bisa dilihat dalam laman Footy Rankings yang terkini atau lebih tepatnya per 12 Februari 2020. Terlihat perbedaan cukup mencolok.

Pada situs tersebut Bali United naik ke posisi ke-85 dengan mengumpulkan 14,14 poin. Sebelumnya Serdadu Tridatu mengoleksi 13,39 poin (urutan ke-88).

Di sisi lain peringkat PSM ada di 90 dengan mengumpulkan 13,03 angka. Sebelumnya posisi Juku Eja di 89 dengan mendulang 12,98 poin.