Liga Indonesia

Ada Bintang Persib, 3 Pemain Naturalisasi Liga 1 2020 yang Harga Pasarnya Surut

Rabu, 12 Februari 2020 18:08 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© bola/jawapos/beritasatu
Terdapat 3 pemain naturalisasi Liga 1 2020 harga pasarnya (market value) surut tajam, termasuk ada bintang Persib Bandung. Copyright: © bola/jawapos/beritasatu
Terdapat 3 pemain naturalisasi Liga 1 2020 harga pasarnya (market value) surut tajam, termasuk ada bintang Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Terdapat 3 pemain naturalisasi Liga 1 2020 harga pasarnya (market value) surut tajam, termasuk ada bintang Persib Bandung.

Kompetisi Liga 1 2020 banyak sekali menghadirkan pemain asing baru. Bahkan tiap musimnya selalu ada legiun luar negeri yang perdana main di Indonesia.

Selain diisi pemain lokal maupun asing, terdapat pula legiun dengan rasa naturalisasi atau lebih tepatnya orang asing yang pindah warganegara.

Menjadi pemain naturalisasi, khususnya pindah menjadi warga negara Indonesia, harus melewati sejumlah aturan ketat yang tertera dalam hukum resmi Tanah Air.

Bahkan pada musim ini saja terdapat 10 klub yang mengontrak jasa pemain naturalisasi. Terbanyak ialah Persib Bandung, di mana mereka menggaet empat pemain.

Kim Kurniawan (Jerman), Victor Igbonefo (Nigeria), Fabiano Beltrame (Brasil), dan Esteban Vizcarra (Argentina) adalah pemain naturalisasi yang dikontrak Persib.

Tak hanya di Indonesia, kompetisi Liga Super Malaysia juga telah mengontrak pemain-pemain naturalisasi. Johor Darul Ta'zim pun musim 2020 memakai lima pemain naturalisasi.

Terlepas dari hal tersebut pada tiap masa bursa transfer terdapat pemain-pemain yang mengalami lonjakan harga maupun merosot tajam, termasuk legiun naturalisasi.

Maka dari itu tak ada salahnya bagi para penggemar sepak bola nasional untuk mengetahui siapa saja pemain naturalisasi yang mengalami harga merosot.

1. Esteban Vizcarra

© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra merayakan golnya ke gawang Barito Putera saat pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/2020). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTGelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra merayakan golnya ke gawang Barito Putera saat pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/2020).

Pemain naturalisasi milik Persib Bandung asal Argentina Esteban Vizcarra menjadi salah satu legiun yang mengalami merosotnya harga pasar.

Berdasarkan data Transfermarkt, kalau harga pasar Esteban mencapai 125 ribu euro (Rp1,8 miliar) per 27 Desember 2019. Jumlah tersebut mengalami penurunan.

Sebab ketika masih membela Sriwijaya FC (kini bermain di Liga 2) lalu, harga Esteban menembus 125 ribu euro (Rp1,8 miliar) per 22 Desember 2018 silam.

2. Diego Michiels

© borneofc.id
Pemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels. Copyright: borneofc.idPemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels.

Berikutnya ada pemain naturalisasi asal Belanda kepunyaan Borneo FC Diego Michiels yang juga mengalami merosotnya harga pasar.

Diego sempat memiliki harga pasar hingga 200 ribu Euro (Rp2,9 miliar) per 22 Desember 2018 lalu. Jumlah tersebut mengalami penurunan.

Sebab pada data yang diambil dalam laman Transfermarkt, harga pasar Diego kini hanya 175 ribu Euro (Rp2,5 miliar) per 27 Desember 2019.

3. Stefano Lilipaly

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Winger Bali United, Stefano Lilipaly. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTWinger Bali United, Stefano Lilipaly.

Terakhir ada winger kelahiran Belanda yang telah menjadi warga negara Indonesia kepunyaan Bali United Stefano Lilipaly yang juga merosot harga pasarnya.

Harga pasar Lilipaly untuk sekarang ini mencapai 425 ribu Euro (Rp6,2 miliar) per 27 Desember 2019 berdasarkan laman Transfermarkt.

Tetapi sebelumnya, harga pasar Lilipaly sempat menembus angka hingga 450 ribu Euro (Rp6,6 miliar) per 22 Desember 2018 silam.