Liga Indonesia

Kabar Terkini 4 Pesepakbola Asing yang Jadi Mualaf di Indonesia

Jumat, 14 Februari 2020 18:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT/Istimewa
Kabar terkini 4 pesepakbola asing yang jadi mualaf di Indonesia: Abanda Herman, Danilo Fernando, Diego Michiels. Copyright: © INDOSPORT/Istimewa
Kabar terkini 4 pesepakbola asing yang jadi mualaf di Indonesia: Abanda Herman, Danilo Fernando, Diego Michiels.

INDOSPORT.COM – Sepak bola Indonesia memang tengah berkembang lewat kompetisi Liga 1 2020, dan memiliki regulasi khusus dalam penggunaan pemain asing. Saat ini, setiap tim dapat menggunakan tiga penggawa asing bebas dan ditambah satu pemain berpaspor Asia.

Tak dapat dipungkiri, Indonesia juga merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragam Islam. Nilai-nilai Islam bahkan memengaruhi kebijakan di sepak bola nasional, misalnya klub Persiraja Banda Aceh yang meminta untuk menjalani laga tandang selama bulan Ramadan.

Bahkan, pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun mulai mempelajari agama Islam untuk menyesuaikan antara pola latihan dan ibadah para pemainnya.

Cukup besar pengaruh Islam dalam kehidupan para pesepakbola di Tanah Air, hingga sejumlah pemain asing pun memutuskan untuk menjadi mualaf atau memeluk agama Islam.

Lantas, bagaimana kabar terkini para pemain asing yang memutuskan untuk menjadi mualaf kala bermain di Indonesia? Berikut rangkuman INDOSPORT untuk Anda.

1. Abanda Herman

© tribunnews.com
Mantan pemain Persib Bandung, Abanda Herman. Copyright: tribunnews.comMantan pemain Persib Bandung, Abanda Herman.

Mantan bek asing Persib Bandung, Abanda Herman memutuskan untuk memeluk agama Islam pada tahun 2013 lalu. Ia mengucap dua kalimat syahadat di hadapan Ustadz Jujun Junaedi, disaksikan oleh Umuh Muchtar dan Djajang Nurdjaman.

Usai membela Persib, penggawa asal Kamerun itu memang sempat berlabuh ke Barito Putera di kompetisi Liga Super Indonesia 2014. Bek 35 tahun itu juga sempat terlihat memperkuat tim Persak Kebumen dan tampil di ajang Piala Bupati Banyumas 2015.

Namun kini, cukup sulit melacak keberadaan pemain yang menambahkan namanya menjadi Ahmad Abanda Herman itu. Bahkan, akun Instagram @abanda_herman33 terakhir kali update pada tahun 2016 lalu.

2. Danilo Fernando

© Instagram
Pasca bawa PSS juara, Danilo Fernando unggah pesan berkelas di masjid Copyright: InstagramPasca bawa PSS juara, Danilo Fernando unggah pesan berkelas di masjid

Nama Danilo Fernando cukup dikenal pada masanya, sebab saat masih aktif bermain sepak bola, ia pernah memperkuat klub Petrokimia Putra, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Deltras Sidoarjo, Persisam Putra Samarinda, hingga Pusamania Borneo FC.

Menariknya, pesepak bola kelahiran Brasil itu juga sudah menyatu dengan Tanah Air, tepat ketika ia memutuskan untuk memeluk agama Islam pada tahun 2008 lalu, dan menikah dengan dara cantik Windy Fitriya Marzuki.

Usai gantung sepatu pada tahun 2014, Danilo langsung naik ke posisi kepelatihan Pusamania Borneo FC. Saat ini ia menjabat sebagai asisten pelatih PSS Sleman jelang kompetisi Liga 1 2020.

3. Diego Michiels

© borneofc.id
Pemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels. Copyright: borneofc.idPemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels.

Pernah tersandung kasus kriminal yang membuatnya menjalani pengadilan, pemain naturalisasi Diego Michiels akhirnya memutuskan untuk menjadi mualaf di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Februari 2013 lalu.

Mulai tahun 2016, Diego Michiels berlabuh ke Borneo FC dan hingga kini masih diandalkan sebagai kapten tim. Ia juga menikahi sang pujaan hati, Dhea Boru Simatupang dan baru saja dikaruniai putri pertama pada akhir tahun 2019 lalu.

4. Cristian Gonzales

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Cristian Gonzales mengambil bola atas dari pemain Madura FC. Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTCristian Gonzales mengambil bola atas dari pemain Madura FC.

Legendaris, itulah gelar yang patut disematkan pada pesepakbola kelahiran Uruguay, Christian Gonzales. Separuh hidupnya dihabiskan di Indonesia, hingga ia memutuskan untuk menjalani proses naturalisasi, bahkan memeluk Islam di tahun 2003 lalu.

Proses ini ia jalani usai mempersunting sang istri yang merupakan WNI, Eva Nurida Siregar, hingga Gonzales mendapat nama Muslim, yakni Mustafa Habibi.

Sempat melanglangbuana di Liga Indonesia dan meraih musim terbaiknya bersama Arema FC dan Timnas Indonesia, pesepakbola berjuluk El Loco itu terakhir kali memperkuat PSIM Yogyakarta di Liga 2 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
22%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
11%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%