Liga Indonesia

Nilai Transfer Putra Asli Papua Nugini David Browne Setara Striker Anyar Persib

Sabtu, 15 Februari 2020 15:07 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© aucklandcityfc.com
Diketahui kalau nilai transfer putra asli Papua Nugini David Browne setara dengan striker anyar Persib Bandung asal Belanda Geoffrey Castillion. Copyright: © aucklandcityfc.com
Diketahui kalau nilai transfer putra asli Papua Nugini David Browne setara dengan striker anyar Persib Bandung asal Belanda Geoffrey Castillion.

INDOSPORT.COM - Diketahui kalau nilai transfer putra asli Papua Nugini David Browne setara dengan striker anyar Persib Bandung asal Belanda Geoffrey Castillion.

David Browne diketahui lahir di Port Moresby, Papua Nugini yang kini berusia 24 tahun. Browne memiliki posisi natural sebagai winger kiri.

Berdasarkan catatan laman data statistik Transfermarkt kalau pemain dengan tinggi 175 cm itu juga memiliki keturunan Inggris.

Darah tersebut berasal dari sang ayah yang bernama Bob Browne. Dia merupakan kartunis dari Inggris yang pindah ke Papua Nugini sekitar 1971 silam.

Sementara sang ibunya Segana adalah seorang wanita asli Papua Nugini yang berasal dari Central Province. Keduanya saling jatuh cinta dan melahirakan David Browne

Selain itu Browne juga diketahui bekerja sebagai buruh bangunan dan memegang paspor Inggris. Meski punya paspor Inggris, tapi Browne punya rasa cinta yang amat dalam dengan Papua Nugini.

Terbukti Browne telah berseragam The Kapuls (julukan Timnas Papua Nugini) sejak 2011 atau pada level U-17 hingga senior saat ini.

"Saya lahir di sini, saya dibesarkan di sini. Saya merasakan Papua Nugini adalah diri saya dan hati saya akan bermain untuk negara ini," ucap Browne dilansir Oceania Football.

Per 24 Januari 2020, Browne resmi dikontrak oleh klub Veikkausliiga HJK Helsinki (Finlandia). Dirinya dikontrak hingga 31 Desember 2020 dengan opsi perpanjangan dua tahun ke depan.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain trial Persib Bandung, Geoffrey Castillion saat menghadapi Melaka United di laga uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (01/02/2020). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain trial Persib Bandung, Geoffrey Castillion saat menghadapi Melaka United di laga uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (01/02/2020).

Kendati demikian ternyata ada hal menarik yang bisa diketahui oleh para penggemar sepak bola nasional, dimana nilai transfer Browne setara dengan striker baru Persib Castillion.

Browne diketahui memiliki nilai transfer berdasarkan data dari laman statistik Transfermarkt yang tembus hingga 250 ribu euro (Rp3,7 miliar) per 9 Januari 2020.

Di sisi lain Castillion (Belanda-Suriname) juga mempunyai harga pasar (market value) yang mencapai 250 ribu euro (Rp3,7 miliar) per 16 Oktober 2019 lalu.