Liga Indonesia

Beda Jauh dari Persija dan Persib, Ini Total Nilai Transfer Klub Eropa Witan Sulaeman

Kamis, 13 Februari 2020 18:41 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Terdapat perbedaan yang cukup jauh terkait nilai transfer klub Eropa yang mengontrak Witan Sulaeman, FK Radnik Surdulica, dengan Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Seperti diketahui, talenta berbakat Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman, baru saja membocorkan klub baru yang telah mewujudkan cita-citanya berkarier di Eropa.

Hal itu diungkap lewat unggahan salah satu foto terbaru di akun media sosial Instagram (terverifikasi) Witan Sulaeman awal pekan ini.

"Mimpi saya akhirnya menjadi kenyataan. Sangat senang bergabung dengan @fk.radnik.surdulica," tulis akun @witansulaiman_, Senin (10/02/20).

FK Radnik Surdulica merupakan klub yang bermain di Serbian SuperLiga. Klub ini berdiri sejak 1926 silam dan menggunakan Stadion Surdulica City sebagai markas.

FK Radnik Surdulica sempat meraih dua gelar sepanjang tim ini berdiri, tepatnya pada musim 2012-13 mereka menjuarai Serbian League East.

Dua tahun berselang, FK Radnik Surdulica kembali menjuarai ajang Serbian First League (2014-15). Kini mereka tengah berjuang di Serbian SuperLiga.

Harga yang Jauh Berbeda

Meski begitu ada hal menarik yang bisa diketahui oleh para penggemar sepak bola nasional tentang klub yang baru saja mengontrak Witan Sulaeman ini.

Hal yang diambil kali ini ialah total harga transfer FK Radnik Surdulica dengan beberapa klub Liga 1 seperti Persija, Bali United, hingga Persib.

Diketahui kalau total harga transfer FK Radnik Surdulica mencapai angka 7 juta euro (Rp104 miliar) berdasarkan data yang dilampirkan Transfermarkt.

Bahkan pada awal musim 2019-20 saja, FK Radnik Surdulica mendatangkan 21 pemain baru guna bisa bertarung di ajang tertinggi sepak bola Serbia, termasuk mendatangkan wonderkid Witan Sulaeman.

Sementara itu, jika melihat juara Liga 1 2019, Bali United, total harga pasarnya hanya menembus ke angka 5,5 juta euro (Rp82 miliar) saja sejauh ini.

Lalu jika melihat perbedaan dengan Persija Jakarta yang musim ini merekrut banyak pemain baru, total harga transfernya mencapai 4,9 juta euro (Rp73 miliar).

Di sisi lain, harga transfer FK Radnik Surdulica juga masih lebih tinggi dari Persib Bandung yang pada edisi kali ini mencapai 4,3 juta euro (Rp64 miliar).

Artinya dari sejumlah klub Liga 1 yang ditampilkan tadi, total harga transfernya setara dua kali lipat dari para pemain FK Radnik Surdulica.