Bola Internasional

Degradasi ke League Two, Klub Indonesia Bakal Kangkangi Manchester City

Minggu, 16 Februari 2020 14:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Mengenal Kompetisi League Two, Kasta Keempat Liga Inggris yang Mungkin Diikuti Manchester City Copyright: © INDOSPORT
Mengenal Kompetisi League Two, Kasta Keempat Liga Inggris yang Mungkin Diikuti Manchester City

INDOSPORT.COM - Berpotensi degradasi ke kasta empat Liga Inggris (League Two), dua klub milik orang Indonesia ini bakal kangkangi Manchester City.

Manchester City sendiri berpotensi turun kasta hingga ke League Two, setelah mereka terkena sanksi Financial Fair Play (FFP) dari UEFA pada Sabtu (15/2/2020) silam.

Hukuman tersebut diberikan setelah UEFA menemukan manipulasi laporan dana sponsor, yang diterima Manchester City pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2016.

Akibat insiden tersebut, UEFA melarang Manchester City untuk ikut serta di kompetisi Liga Champions untuk dua tahun ke depan, serta beberapa sanksi lainnya dari otoritas Liga Inggris, FA. 

Menurut laporan Daily Star, ada dua hukuman yang mungkin diterima Manchester City, yakni pengurangan poin di tabel klasemen Liga Inggris, atau degradasi hingga ke kompetisi kasta keempat.

Andai resmi degradasi hingga ke kasta keempat Liga Inggris, maka Manchester City akan menjalani periode terburuk dalam sejarah tim dengan tampil di League Two.

Sepanjang 125 tahun berdirinya klub, Manchester City paling rendah cuma tampil di Second Division atau kasta kedua Liga Inggris tahun 1892 hingga 1999, dan sempat sembilan kembali degradasi pada musim 1901/02, 1908/09, 1925/26, 1937/38, serta yang terakhir kali mereka rasakan musim 1998–99 silam.

Sebagai informasi, League Two sendiri baru bergulir pada musim 1958–1992 dengan nama Division Four, serta berganti nama musim 1992 hingga 2004 menjadi Division Three, dan barulah pada tahun 2004 menjadi League Two.

Sepanjang bergulirnya divisi League One dan League Two, Manchester City belum pernah sekalipun ikut berkompetisi sehingga hukuman degradasi yang bakal diberikan FA nanti akan menjadi periode terburuk The Citizens.

Selain menjalani periode terburuk, tampilnya Manchester City di League Two membuat tim yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut berpotensi dikangkangi oleh dua klub milik orang Indonesia yakni Tranmere Rovers dan Oxford United.

Dua tim tersebut saat ini tengah tampil di League One atau kasta tiga Liga Inggris, satu tingkat diatas League Two yang menjadi hukuman Manchester City musim depan.

Dengan bermain di kasta keempat Liga Inggris, maka secara ranking kompetisi dua tim milik Indonesia (Tranmere Rovers dan Oxford United) ini akan berada diatas Manchester City, sang juara bertahan Liga Inggris musim 2018/19.

Tranmere Rovers dan Oxford United sendiri diketahui telah diakuisisi oleh beberapa pengusaha Indonesia. Seperti Tranmere Rovers yang sahamnya dibeli oleh Santini Group, serta Erick Thohir dan Anindya Bakrie yang membeli saham Oxford United.

Berbekal fakta tersebut, menarik dinanti keputusan FA nantinya. Apakah Manchester City bakal resmi tampil di kasta keempat Liga Inggris dan berada satu tingkat dibawah Tranmere Rovers dan Oxford United, atau malah akan ada banding dari pihak The Citizens yang meringankan hukuman mereka.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
33%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%