Liga Indonesia

Rintis Karier Kepelatihan, Pemain Senior PSM Serius Jalani Kursus di Bali

Senin, 17 Februari 2020 09:05 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSM Makassar
Empat mantan pemain Timnas Indonesia, Zulkifli Syukur, Ambrizal, Muhammad Nasuha, dan Taufik Kasrun tengah mengikuti kursus kepelatihan Lisensi B AFC di Denpasar, Bali. Copyright: © Media PSM Makassar
Empat mantan pemain Timnas Indonesia, Zulkifli Syukur, Ambrizal, Muhammad Nasuha, dan Taufik Kasrun tengah mengikuti kursus kepelatihan Lisensi B AFC di Denpasar, Bali.

INDOSPORT.COM - Pemain senior PSM Makassar, Zulkifli Syukur, tengah mengikuti kursus kepelatihan Lisensi B AFC di Denpasar, Bali, 10-22 Februari. Dia mengaku sangat menikmati agenda tersebut.

"Alhamdulillah sangat menyenangkan," tulis Zulkifli kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT saat dihubungi via aplikasi pesan instan WhatsApp, Minggu (16/2/20).

Zul, sapaan akrab Zulkifli Syukur, menikmati kursus kepelatihan itu, sebab dirinya bisa reuni keci;-kecilan dengan mantan rekan-rekannya di timnas Indonesia. mulai darii Ambrizal, Muhammad Nasuha, Taufik Kasrun, dan Arif Suyono.

Selain itu, Zul juga semakin kerasan dengan kehadiran dua sosok yang pernah tergabung dalam Tim Kepelatihan Timnas Indonesia, yakni Yeyen Tumena dan Wolfgang Pikal. Keduanya menjadi instruktur kursus kepelatihan Lisensi B AFC tersebut.

"Senang dengan materinya dan tentu dengan teman-teman sesama peserta kursus. Ditambah lagi instruktur yang banyak membantu kami soal ilmu kepelatihan," tulis pesepakbola yang identik dengan nomor punggung tiga ini.

Lebih lanjut, pria yang pernah mengantarkan timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2010 ini akan langsung kembali bergabung ke PSM Makassar setelah kursus kepelatihan Lisensi B AFC berakhir pada 22 Februari mendatang.

Terlebih lagi, PSM tengah mempersiapkan diri melakoni laga kedua Grup H Piala AFC 2020 melawan jagoan Myanmar, Shan United. Partai tersebut bakal berlangsung di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/20).

"Iya, nanti saya langsung kembali bergabung ke PSM. Apalagi kan kursus kepelatihan lisensi B AFC untuk modul kedua masih ada jeda sekitar dua pekan," pungkas Zulkifli Syukur.

Ada pun kursus kepelatihan Lisensi B AFC yang diselenggarakan oleh PSSI terbagi ke dalam Modul 1 dan 2. Saat ini, sebanyak 24 pelatih sepak bola mengikuti Modul 1 selama 12 hari di Denpasar, Bali.