Liga Indonesia

Kiper-kiper Timnas 'Disiksa' Shin Tae-yong, Nadeo Argawinata Kapok?

Selasa, 18 Februari 2020 16:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Kiper timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, tak menampik soal kondisinya yang agak lelah selepas menjalani program latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Kiper timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, tak menampik soal kondisinya yang agak lelah selepas menjalani program latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Kiper timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, tak menampik soal kondisinya yang sedikit lelah selepas menjalani program latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong selama TC. 

Apalagi, pelatih Korea Selatan itu memberi latihan tambahan selama 30 menit, khusus untuk empat kiper yang dipanggil. Selain Nadeo, ada nama Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Muhammad Riyandi (Barito Putera), dan Adi Satrio (PSMS Medan).

Kendati demikian, Nadeo menyatakan tetap menikmati semua momen karena baginya latihan keras yang diberikan tentu memiliki tujuan baik untuk meningkatkan kualitas para pemain.

"Sejauh ini alhamdulilah masih sehat dan ikutin yang pelatih berikan. Awal-awal pasti berat, tapi semakin ke sini saya sudah mulai bisa menikmati," tutur Nadeo Argawinata, Selasa (18/2/20).

"Saya sih santai saja, menikmati, tidak usah dipikirkan sebagai beban. Nikmati saja seluruh materi yang diberikan pelatih," sambung penjaga gawang Bali United tersebut.

Selama empat hari menjalani pemusatan latihan, Nadeo menjelaskan bahwa Shin Tae-yong masih berkonsentasi membenahi fisik para pemain. Belum ada materi latihan taktik maupun strategi. Dia merasakan staminanya meningkat.

"Fokus fisik dan kebugaran pemain dulu, jadi selama empat hari memang bener-benar digenjot fisik kami. Apalagi di penjaga gawang ya, bisa dilihat 30 menit sebelum latihan kami sudah datang duluan. Saya rasa semua pemain juga rasakan hal yang sama, stamina meningkat," ucapnya.

"Setahu saya di sini cuma dua kali latihan, tapi saya dengar dari teman di timnas U-19 bahwa kemarin di Thailand itu memang tiga kali sehari (latihan)," pungkas Nadeo Argawinata.

Sejak hari kedua pemusatan latihan, Shin Tae-yong memang meminta empat kiper timnas Indonesia menjalani latihan lebih awal. Menurutnya, jika sesi latihan kiper berbarengan dengan pemain lain, tidak akan efektif mengeluarkan semua potensi yang ada. 

1