In-depth

Apa Kabar Ferdiansyah? Kiper Persipura yang Terlupakan

Rabu, 19 Februari 2020 12:42 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ferdiansyah menjadi salah satu nama yang pernah ada di balik sejarah Persipura Jayapura. Ia menjadi bagian skuat Persipura selama 9 musim. Apa kabar dirinya sekarang?

Kiper kelahiran Malang tahun 1983 ini terbilang loyal selama memperkuat Persipura Jayapura di Liga Indonesia pada 2007-2016 silam. 

Hanya berstatuskan sebagai kiper pelapis, Ferdi sapaan akrabnya tetap tercatat sebagai salah satu pemain yang ikut mengantarkan Persipura merebut tiga gelar juara Liga Indonesia.

Meski harus berbagi peran dengan dua kiper utama Jendry Pitoy dan Yoo Jae-Hoon di dua era yang berbeda, namun Ferdi tetap menunjukkan kesetiaannya selama 9 musim.

Ferdi bahkan menjadi kiper "pendatang" terlama yang pernah memperkuat tim berjuluk Mutiara Hitam itu. 

Bermain sepak bola sambil usaha 

Usai memutuskan meninggalkan Persipura Jayapura, Ferdi sempat berpetualang ke tanah leluhurnya di Pulau Jawa dengan memperkuat Persela Lamongan (2017) dan PSIS Semarang (2018).

Namun, kariernya di dua klub tersebut tak bertahan lama. Ia lalu hijrah ke Kalimantan Timur dan memperkuat Persiba Balikpapan di pentas Liga 2 sejak musim kemarin.

Sampai saat ini, Ferdi masih berseragam Persiba Balikpapan dan belum merencanakan pensiun dari dunia sepak bola.

"Saya belum pensiun, saya masih main sepak bola dan saat ini saya masih main di Persiba Balikpapan," ujar Ferdi kepada INDOSPORT, Rabu (19/2/20).

Selain masih fokus di dunia sepak bola sebagai pemain, Ferdi menyempatkan waktunya untuk merintis usaha kecil-kecilan di kampung halamannya di Malang.

"Yah, kesibukan saya yang lain mengurus usaha kecil-kecilan di rumah saya di Malang," ungkapnya.

Meski usianya sudah tak lagi muda, namun Ferdi masih berharap suatu saat nanti bisa kembali ke klub kebanggannya, Persipura Jayapura.

"Yah, mudah-mudahan musim depan saya bisa kembali ke klub yang pernah saya bela, Persipura Jayapura," tandasnya.

Tak hanya ikut membawa Persipura merebut tiga gelar juara Liga Indonesia, Ferdi juga turut berjasa mengantarkan Persipura hingga ke babak semifinal AFC Cup 2014 silam.

1