Liga Indonesia

Menerka Formasi yang Tepat untuk Persija Saat Melawan Persebaya di Final Piala Gubernur Jatim

Rabu, 19 Februari 2020 21:31 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Persija Jakarta akan berhadapan melawan Persebaya Surabaya di final Piala Gubernur Jatim 2020. Berikut formasi yang pantas digunakan. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Persija Jakarta akan berhadapan melawan Persebaya Surabaya di final Piala Gubernur Jatim 2020. Berikut formasi yang pantas digunakan.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta akan berhadapan melawan Persebaya Surabaya di final Piala Gubernur Jatim 2020. Berikut formasi yang pantas digunakan.

Dengan materi pemain yang belum sepenuhnya komplet, Persija Jakarta sukses melaju hingga babak final turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020. Mereka harus berhadapan dengan Persebaya Surabaya, Kamis (20/02/20).

Meski dengan materi yang belum sepenuhnya komplet. Seperti belum dimainkannya pemain baru dari PSM Makassar, Marc Klok dan juga pemain yang harus absen karena mendapatkan panggilan Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

Kekuatan Persija Jakarta memang masih terhitung luar biasa jika dibandingkan kontestan Piala Gubernur Jatim 2020 lainnya.

Mereka masih punya nama-nama besar, mulai dari Shahar Ginanjar yang bisa dengan cukup baik menggantikan peran Andritany Ardhiyasa di bawah mistar gawang. 

Pemain senior Maman Abdurahman, yang tetap cakap tampil menngantikan Ryuji Utomo di beberapa kesempatan. Rohit Chand yang selalu tampil trengginas di lapangan tengah, hingga Riko Simanjuntak dan Marko Simic, yang selalu bisa menghadirkan kolaborasi luar biasa di lini depan.

Menerka Formasi yang Tepat Untuk Persija di Final Piala Gubernur Jatim 2020

dengan materi pemain yang cukup merata hingga ke bangku cadangan, jelas menjadi keuntungan sendiri untuk pelatih Persija Jakarta Sergio Farias, dalam memilih pemain mana yang mau dimainkan di pertandingan final Piala Gubernur Jatim 2020.

Untuk itu berikut INDOSPORT coba menerka formasi dan komposisi pemain yang kirannya tepat digunakan Sergio Farias di final Piala Gubernur Jatim 2020 Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta.

Lini Pertahanan

Di sektor penjaga gawang, nama Shahar Ginanjar jelas tak tergantikan seiring masih absennya Andritany Ardhiyasa karena dipanggil Timnas Indonesia.

Sementara empat pemain belakang layak dipercayakan kepada kuartet Marco Motta, Ryuji Utomo, Otavio Dutra dan Alfath Fathier.

Nama Ryuji Utomo layak menjadi pilihan dibanding Maman abdurahman, karena pemain 24 tahun itu lebih memiliki kecepatan. Kemampuan yang sangat penting untuk mengimbangi cepatnya penyerang Persebaya Surabaya David da Silva.

Dengan alasan memiliki kecepatan dan pengalaman, nama Alfath Fathier juga lebih layak untuk diberikan posisi sebagai bek kiri. DIbandingkan sejumlah nama lain.

Lini Tengah

Sementara di lini tengah, kombinasi tiga pemain bertipikal pekerja keras Sandi Sute, Tony Sucipto dan Rohit Chand, sangat layak untuk dipasang, demi bisa membendung ganasnya pemain tengah Persebaya Surabaya, Makan Konate.

Meski dengan tipikal yang lebih bertahan, kemampun ketigannya juga masih sangat mumpuni untuk membantu sesekali serangan, yang pasti akan lebih banyak dimainkan persija lewat sektor sayap.

Lini Depan

Sementara di sektor depan pilihan layak diberikan kedua nama tak tergantikan Riko Simanjuntak dan Marko Simic, serta winger kiri Novri Setiawan.

Soal pemilihan Riko dan Simic jelas tak perlu lagi alasan untuk melatar belakanginya. Sementara perihal nama Novri Setiawan, pemain 26 tahun itu layak mendapatkan kesempatan setelah bisa membuktikan kapabilitasnnya lewat dua gol sejauh ini di Piala Gubernur Jatim 2020.

Kemampuan Novri dalam menempatkan posisi yang baik untuk kemudian mencetak gol itulah yang menjadi nilai lebihnya dibanding beberapa nama winger kiri Persija Jakarta lainnya.

Keberadaannya yang sudah lebih lama bersama Simic dan Riko juga menjadikan Novri lebih layak jika dibandingkan dengan memilih pemain baru seperti Osvaldo Haay.

Demikianlah 11 pemain Persija Jakarta yang kiranya layak menjadi pilihan utama pelatih Sergio Farias ketika menghadapi Persebaya Surabaya di final Piala Gubernur Jatik nanti.