Liga Indonesia

Termasuk Osvaldo Haay, 4 Pemain Lokal Pernah Bela Persebaya dan Persija

Rabu, 19 Februari 2020 20:44 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Media Persija
Termasuk winger Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay, sedikitnya ada 4 pemain lokal yang pernah membela Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta. Copyright: © Media Persija
Termasuk winger Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay, sedikitnya ada 4 pemain lokal yang pernah membela Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Termasuk winger Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay, sedikitnya ada 4 pemain lokal yang pernah membela Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta.

Pertandingan Persebaya vs Persija bakal berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (20/02/20) pukul 15.30 WIB. Ini merupakan laga babak final Piala Gubernur Jatim 2020.

Kepala pelatih Persebaya, Aji Santoso, kerap menurunkan pemain-pemain muda pada ajang turnamen pramusim seperti ini. Di balik itu, ia memiliki alasan khusus.

"Memang atmosfernya berbeda dengan kompetisi, tapi paling tidak pemain kami sudah mulai beradaptasi," kata Aji Santoso, Selasa (18/02/20).

Sementara itu, pemain andalan Persija, Riko Simanjuntak, menilai tidak peduli siapa pun lawannya di partai final nanti. Ia dan timnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenangkan pertandingan. 

"Siapa pun lawannya kami tidak peduli. Kami siap membawa piala ke Jakarta," tegas Riko, Selasa (18/02/20).

Persija mengawali turnamen pramusim ini dengan cukup meyakinkan. Macan Kemayoran menerkam Persela (4-1) dan Sabah FA (2-0) serta imbang dari Arema FC (1-1) hingga mengalahkan Madura United (2-1).

Sementara itu, Persebaya sukses mencukur Persik (4-1) dan Madura United (4-2) tetapi kalah dari Bhayangkara FC (0-1) dalam babak grup. Lalu menghantam wakil Jawa Timur lainnya, yakni Arema FC (4-2).

Meski begitu, jelang pertandingan bergengsi tersebut, ternyata diketahui kalau ada sederet pemain yang sempat membela Persebaya dan Persija dalam kurun waktu berbeda.

1. Rendi Irwan

© Fitra Herdian/Indosport
Rendi Irwan saat konferensi pers selepas laga Madura United vs Persebaya Surabaya. Fitra Herdian/Indosport. Copyright: Fitra Herdian/Indosport
Rendi Irwan saat konferensi pers selepas laga Madura United vs Persebaya Surabaya. Fitra Herdian/Indosport.

Mantan kapten Persebaya Surabaya, Rendi Irwan Saputra, diketahui pernah membela Persija dalam kurun waktu berbeda tentunya.

Rendi sempat membela Persija pada 2015 lalu. Tetapi tak diketahui secara pasti kapan dirinya bermain dan mencetak gol. Sebab pada 2015, kompetisi Indonesia dihentikan akibat dibekukan FIFA.

Lalu pada 2017 hingga kini, Rendi masih menjadi bagian dari Persebaya. Pemain 32 tahun itu telah membuat lima gol dari 76 penampilan sekaligus mengantarkan Bajol Ijo juara Liga 2 2018.

2. Otavio Dutra

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pemain Persija, Otavio Dutra. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORT
Pemain Persija, Otavio Dutra.

Berikutnya ada bek naturalisasi kelahiran Brasil, Otavio Dutra, yang juga sempat membela Persebaya dan Persija dalam kurun waktu berbeda.

Dutra sempat membela Persebaya pada dua periode berbeda, yakni 2010-12 dan 2018-19. Jika ditotal, Dutra telah membuat 97 penampilan dengan enam gol.

Kini, Dutra telah resmi digaet oleh Persija untuk mengarungi pagelaran Liga 1 2020. Bahkan pemain 36 tahun itu sudah bermain di Piala Gubernur Jatim 2020.

3. Abduh Lestaluhu

© Instagram/@abduhlestaluhu_3
Mantan pemain Persikabo Abduh Lestaluhu saat menjalani latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Copyright: Instagram/@abduhlestaluhu_3
Mantan pemain Persikabo, Abduh Lestaluhu saat menjalani latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Berikutnya ada bek sayap kiri Abduh Lestaluhu yang kini telah dikontrak oleh Persebaya Surabaya, meski diketahui sempat ada sedikit polemik dengan Tira-Persikabo.

Akan tetapi, Abduh hingga kini belum menjalani latihan bersama Persebaya. Jauh sebelum membela Persebaya, Abduh sempat membela Persija.

Hal itu terjadi pada 2013-2015 silam, di mana Abduh hanya mencatatkan tujuh penampilan saja tanpa sekali pun mencetak gol.

4. Osvaldo Haay

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Presiden Persija Jakarta, Ferry Paulus dan Pemain baru Persija Jakarta Osvaldo Haay. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORT
Presiden Persija Jakarta, Ferry Paulus dan Pemain baru Persija Jakarta Osvaldo Haay.

Terakhir ada winger Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay, yang juga sempat membela Persebaya dan kini telah bergabung dengan Persija.

Kala membela Persebaya selama dua musim (2018-19), Osvaldo membuat 41 penampilan dan mengemas 16 gol. Hal tersebut merupakan pencapaian yang cukup baik.

Kini Osvaldo akan membela Persija untuk menatap pagelaran Liga 1 2020. Dirinya hengkang karena ingin mencari tantangan baru.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%