Bola Internasional

Apa Kabar Pauleta? Striker Legendaris Portugal yang Pernah Lebih Subur dari Ronaldo

Jumat, 21 Februari 2020 17:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Pinterest
Pemain legendaris PSG dan Timnas Portugal, Pedro Pauleta. Copyright: © Pinterest
Pemain legendaris PSG dan Timnas Portugal, Pedro Pauleta.

INDOSPORT.COM - Pedro Pauleta, bomber legendaris Timnas Portugal ini terkenal sebagai top skor tim sebelum masa keemasan Cristiano Ronaldo. Apa kabar Pauleta kini?

Pedro Miguel Carreiro Resendes, atau biasa dikenal dengan Pauleta, merupakan striker langganan Timnas Portugal di era generasi emas. 

Pemain kelahiran Ponta Delgade, Portugal, 46 tahun lalu ini memulai karier di klub kota kelahirannya, Santa Clara. Namun, ia hanya sebentar di Santa Clara sebelum akhirnya gabung tim junior Porto. 

Gagal bersinar di Porto, Pauleta menghabiskan sebagian besar awal kariernya di kompetisi kasta kedua Liga Portugal. Sinar Pauleta baru tersiar ke seluruh dunia setelah ia memperkuat Deportivo La Corunia di tahun 1998-2000. 

Di tim Super Depor ia mencetak 18 gol dari 58 pertandingan. Ia pun menjadi salah satu pilar kesuksesan Deportivo di era akhir 90-an dan awal 2000-an. 

Walau terkenal di usia lewat 25 tahun, namun ia sudah dipanggil ke Timnas Portugal saat masih memperkuat klub Estoril di kasta kedua Portugal tahun 1996. Di klub Estoril ia mencatatkan 18 gol dari 29 laga. 

Catatan ini yang membuat ia masuk ke tim nasional Portugal. Apalagi, saat hijrah ke klub Spanyol, Salamanca, ia sanggup membuat 34 gol dari 71 laga. 

Setelah itu, Pauleta menghabiskan karier di Prancis dan menjadi legenda dua klub besar Prancis, Bordeaux (65 gol) dan Paris Saint-Germain (76 gol).

Selama membela Timnas Portugal, pemain nomor 9 mencatatkan 88 caps dengan koleksi 47 gol. Angka yang menempatkannya jadi salah satu top skor sepanjang masa tim. 

Bahkan, saat ia pensiun dari Timnas Portugal pada 2006 silam, perolehan golnya melebihi sang megabintang, Cristiano Ronaldo dan Luis Figo. Rekor Pauleta akhirnya tersalip oleh Ronaldo sekitar sewindu yang lalu. 

Duta Ligue 1

Selepas pensiun sebagai pemain, Pauleta tetap masih berkegiatan di bidang sepak bola, Ia biasa menjadi komentator, atau pun datang ke acara promo kota Paris. 

Kini, di usianya yang ke-46 tahun, Pauleta disibukkan dengan tugasnya sebagai duta Ligue 1 (kompetisi Liga Prancis) tahun 2020 bersama dengan legenda asal Prancis, Jean-Pierre Papin. 

Selain Papin, Pauleta juga akan bekerjasama dengan pemain terkenal dunia yang pernah bermain di Ligue 1 seperti Ludovic Giuly, Mikael Silvestre, Didier Drogba dan Frederic Dehu. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pedro Pauleta foi hoje apresentado pela Liga Profissional de Futebol como um dos novos Embaixadores da @ligue1conforama para o ano de 2020. A LPF reforçou a sua equipa de embaixadores anunciando ainda a nomeação de Frédéric Déhu, Ludovic Giuly, Jean-Pierre Papin e Mikaël Silvestre como embaixadores da Liga, juntando-se aos já embaixadores Edmilson e Didier Drogba. É ainda de salientar a presença da atual Presidente da Ligue de Football Professionnel, Nathalie Katia Boy de la Tour na cerimónia de apresentação e assinatura destas colaborações. 🇫🇷 Pedro Pauleta a été présenté aujourd'hui par la Ligue de football professionnel comme l'un des nouveaux ambassadeurs de la Ligue 1 Conforama pour l'année 2020. Le LPF a renforcé son équipe d'ambassadeurs en annonçant la nomination de Frédéric Déhu, Ludovic Giuly, Jean-Pierre Papin et Mikaël Silvestre comme ambassadeurs de la Ligue, rejoignant déjà les ambassadeurs Edmilson et Didier Drogba. A noter également la présence de l'actuelle présidente de la Ligue de Football Professionnel, Nathalie Katia Boy de la Tour lors de la cérémonie de présentation et de signature de ces collaborations.

A post shared by Fundação Pauleta (@fundacao_pauleta) on

Belum lama ini Pauleta juga sempat diundang oleh klub PSG untuk diwawancarai oleh bomber Les Parisiens saat ini, Kylian Mbappe. Wawancara ini bisa Anda saksikan di kanal Youtube resmi PSG