Liga Spanyol

Martin Braithwaite Pemain Denmark Kelima di Barcelona

Jumat, 21 Februari 2020 18:42 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© fcbarcelona.com
Martin Braithwaite telah resmi menjadi pemain Barcelona, menjadikannya sebagai pemain asal Denmark kelima yang pernah berseragam klub LaLiga Spanyol itu. Copyright: © fcbarcelona.com
Martin Braithwaite telah resmi menjadi pemain Barcelona, menjadikannya sebagai pemain asal Denmark kelima yang pernah berseragam klub LaLiga Spanyol itu.

INDOSPORT.COMMartin Braithwaite telah resmi menjadi pemain Barcelona. Hal tersebut menjadikan dirinya sebagai pemain asal Denmark kelima yang pernah berseragam klub LaLiga Spanyol itu.

Pemain berusia 28 tahun tersebut menjadi pemain asal Denmark pertama di milenium ini yang bermain untuk Barcelona. Braithwaite menyusul jejak kompatriotnya seperti Michael Laudrup, Allan Simonsen, Thomas Christiansen, dan Ronnie Ekelund.

Pemain kelahiran Denmark terakhir yang bermain di Barcelona adalah Ekelund. Gelandang kelahiran Glostrup ini bermain beberapa menit untuk Blaugrana setelah sebelumnya dia tampil gemilang di Barcelona B.

Dilansir dari Marca, Laudrup adalah salah satu pemain paling ikonik dalam sejarah persepak bolaan Denmark. Dirinya juga menjadi pemain asal Denmark paling sukses yang pernah bermain di Camp Nou.

Bermain sejak tahun 1989 sampai dengan 1994, Laudrup berhasil mempersembahkan 4 trofi LaLiga Spanyol, 1 Copa del Rey, 2 Piala Super Spanyol, dan gelar Liga Champions pertama untuk Barcelona. Sepanjang bermain untuk Blaugrana, Laudrup tercatat berhasil mencetak 40 gol dari 165 penampilan.

Pemain asal Denmark pertama yang berseragam Barcelona adalah Simonsen. Didatangkan dari Borussia Monchengladbach pada tahun 1980, Simonsen bukan pemain kaleng-kaleng. Dirinya datang dengan ekspektasi tinggi setelah dia berhasil meraih trofi Ballon d’Or tahun 1977.

Datang ke Camp Nou, Simonsen tercatat bermain sebanyak 116 kali dan sukses mencetak 40 gol. Dirinya berhasil mempersembahkan 1 trofi Copa del Rey dan 1 trofi Piala Winners.

Selanjutnya ada Christiansen yang didatangkan dari Boldklubben pada tahun 1983. Sempat bermain di laga Piala Super Eropa, namanya kemudian meredup meskipun sempat mencetak gol dalam laga Kualifikasi Piala Dunia tahun 1994.