Liga Indonesia

Persib Dapat Sinyal Positif Gunakan Stadion GBLA di Liga 1 2020

Sabtu, 22 Februari 2020 12:54 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berusaha agar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung bisa digunakan Persib Bandung saat laga kandang kompetisi sepak bola Liga 1 2020. 

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menggelar pertemuan bersama Kepala Satgas Anti Mafia Bola, Brigjen Pol Hendro Pandowo, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya dan Manajer Persib, Umuh Muchtar di El Royal Hotel, Kota Bandung, Jumat (21/02/20) untuk membahas kondisi Stadion GBLA. 

"Kita ingin lebih jauh dan jelas lagi memfungsikan GBLA di antaranya dibahas ada dua hal, yaitu teknis dan nonteknis," kata Oded.

Oded menuturkan, secara teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menerbitkan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk Stadion GBLA

"Secara teknis struktur dari bangunan Alhamdulillah walaupun beberapa waktu ke belakang ada jaminan SLF dari kementerian PUPR, tapi agar ada jaminan untuk semua kita insya Allah berjalan ada SLF berkala," ucapnya menambahkan. 

Sedangkan dari sisi non teknis, pihaknya siap bekerja sama dengan pihak kepolisian agar pertandingan yang berlangsung di Stadion GBLA bisa berlangsung aman dan lancar. 

"Kedua sisi non teknis tadi dari sisi pengamanan ini memang kumpulnya manusia yang begitu banyak, diperlukan pengamanan dan Alhamdulillah kita sudah membahas, kita semua ada kesepakatan," kata Oded.

"Insya Allah tentu saja ke depan yang diharapkan cita-cita warga Bandung dan Jawa Barat mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik, bisa difungsikan, pertandingan bisa di sini. Dengan syarat-syarat prosedur dilaksanakan," ungkapnya. 

Meski begitu, Oded belum bisa memastikan stadion berkapasitas 38 ribu tempat duduk tersebut bisa digunakan pada laga perdana Persib di Liga 1 2020 menghadapi Persela Lamongan, Minggu (01/03/20). 

"Masih ada waktu, mudah-mudahan karena dalam waktu dekat pak Kadis sudah melakukan menyurati dan progres akan dilakukan," ucapnya. 

Selain dukungan dari Pemkot, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menuturkan pihaknya siap melakukan pengamanan, jika skuat Maung Bandung melakoni pertandingan kandang di Stadion GBLA. 

"Tadi sudah dipaparkan pengamanan siap menyangkut pengamanan dan keamanan. Pengamanan sendiri tidak masalah dan siap dilaksanakan, kita duduk bersama mengecek kembali stadion baik secara struktur dicek. Apabila siap dinyatakan tidak ada masalah, oke kita jalan," jelasnya.

Mendapat sinyal positif bisa bermain di Stadion GBLA, Manajer Persib, Umuh Muchtar mengaku bersyukur. Ia berharap, keinginan skuat Maung Bandung kembali bermain di stadion tersebut bisa tecapai pada Liga 1 2020.