Liga Indonesia

Buka-bukaan Kiper Persija Usai Timba Ilmu di Inggris dan Italia: Lebih Pede

Minggu, 23 Februari 2020 14:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© riskymuhammads22
Kiper muda Persija Jakarta, Risky Sudirman saat jalani latihan. Copyright: © riskymuhammads22
Kiper muda Persija Jakarta, Risky Sudirman saat jalani latihan.

INDOSPORT.COM - Pelajaran dan pengalaman berharga didapat oleh kiper muda Persija Jakarta, Muhammad Risky Sudirman saat dipanggil kembali untuk bergabung dengan skuat Garuda Select.

Risky Sudirman dipanggil oleh pelatih Des Walker untuk bergabung dengan program latihan dan uji coba di Italia, Januari lalu. Kini saat skuat kembali ke Inggris, ia tetap menjadi andalan pelatih.

Teranyar, Risky Sudirman tampil sejak menit awal kala Garuda Select menantang tim Huddersfield Town U-18, Selasa (18/02/20) lalu, hingga ia mencatatkan cleansheet dan tim Indonesia unggul telak 3-0.

Menurutnya, seiring perjalanan waktu dan perkembangan yang dialami selama di Italia dan Inggris, membuat Risky Sudirman kian percaya diri dan terbiasa dengan tekanan pemain kelas Eropa.

"Kami jadi terbiasa menghadapi lawan dari klub-klub besar seperti Juventus dan Internazionale. Dari situ, saya pribadi merasa lebih percaya diri ketika bermain," papar Risky Sudirman seperti dilansir dari Mola TV.

"Materi pelatihan di sini cukup mendetail. Jadi, kita tidak terlalu diminta untuk berlatih metode klasik. Kiper juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengumpan bola, kapan harus menahan," tambahnya.

Selain Risky, Garuda Select juga memiliki dua kiper andalan, yakni Yogi Hermawan dan Erlangga Putra. Enggan menyebut soal persaingan, kiper Persija itu mengaku justru sering berbagi ilmu dengan dua juniornya tersebut.

"Saya dan dua kiper lain sering berkomunikasi di luar lapangan, termasuk soal materi latihan. Sebenarnya semua pemain di sini akrab, jadi lebih mudah untuk saling mengingatkan," pungkasnya.

Usai cleansheet yang didapat Risky Sudirman di laga sebelumnya, kiper 18 tahun itu diprediksi akan kembali diandalkan dalam laga uji coba Garuda Select vs Preston North End U-18 pada Selasa (25/02/20) mendatang.