Bola Internasional

Terkuak! Kunci Sukses Solidnya Lini Pertahanan Garuda Select di Inggris

Minggu, 23 Februari 2020 16:46 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Garuda Select
Skuat Garuda Select II di Inggris. Copyright: © Garuda Select
Skuat Garuda Select II di Inggris.

INDOSPORT.COM - Skuat muda asal Indonesia, Garuda Select meraih hasil gemilang saat menantang tim Inggris, Huddersfield Town U-18 pada Selasa (18/02/20) lalu. Rupanya, ada faktor kunci yang membuat permainan Bagus Kahfi dkk semakin solid.

Bermain rapi dan koordinasi yang apik antar-lini membuat Garuda Select sukses meraih kemenangan telak 3-0 atas lawan. Dua gol dibukukan oleh Bagus Kahfi, sementara satu gol lainnya dilesakkan oleh David Maulana lewat skema tendangan bebas.

Cukup panjang perjalanan Garuda Select hingga akhirnya kembali meraih cleansheet saat menghadapi tim Inggris, setelah harus kebobolan 8 gol saat bersua QPR U-18, dan takluk dengan skor tipis 2-3 ketika menjamu Sheffield United U-18.

Perbaikan demi perbaikan terus dilakukan oleh pelatih Dennis Wise dan Des Walker, hingga akhirnya pemain bertahan mulai padu dan berhasil mencatatkan cleansheet. Hal ini juga dirasakan oleh bek Garuda Select asal Cianjur, Kakang Rudianto.

"Biasanya kami saling berkoordinasi di (lini) belakang. Komando tidak harus datang dari saya, tetapi semua pemain belakang, bahkan termasuk kiper," papar Kakang Rudianto seperti dilansir dari Mola TV.

"Jadi, kami sudah tahu posisi masing-masing, dan ketika ada yang keluar dari posisi awal, langsung diingatkan," tambah pemain jebolan Persib Bandung U-16 tersebut.

Masih menurut Kakang, laga kontra Huddersfield Town U-18 merupakan laga terbaik yang pernah ia rasakan, mengingat bagaimana solidnya pertahanan Garuda Select menghalau sejumlah pemain jangkung dari tim Inggris.

"Bagi saya, permainan paling memuaskan sebagai seorang bek yaitu ketika melawan Huddersfield kemarin. Kami benar-benar fokus sepanjang pertandingan, dan semua skema berjalan dengan baik sehingga bisa terhindar dari kebobolan," pungkasnya.

Skuat Garuda Select akan kembali diuji pekan ini. Kakang Rudianto dkk akan menghadapi tim Preston North End U-18 dalam laga uji coba yang digelar Selasa (25/02/20) mendatang. Mampukah tim Indonesia kembali meraih cleansheet di laga ini?