Liga Indonesia

Bobotoh Kecewa Launching Persib Bandung 2020 Digelar Tertutup

Selasa, 25 Februari 2020 20:27 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Beberapa Bobotoh tidak bisa masuk ke dalam Harris Hotel & Conventions Fastival Citylink, Kota Bandung, Selasa (25/02/2020), saat acara launching Persib musim 2020. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Beberapa Bobotoh tidak bisa masuk ke dalam Harris Hotel & Conventions Fastival Citylink, Kota Bandung, Selasa (25/02/2020), saat acara launching Persib musim 2020.

INDOSPORT.COM - Bobotoh menyayangkan acara launching skuat Persib Bandung musim 2020 yang digelar secara eksklusif dan terkesan tertutup di Harris Hotel & Conventions Fastival Citylink, Kota Bandung, Selasa (25/02/2020). 

Menurut Deni salah seorang pengurus Viking Distrik Cibaduyut, acara launching yang digelar di Hotel membuat mayoritas Bobotoh tidak bisa hadir dan menyaksikan langsung perkenalan tim dan jersey untuk mengarungi musim 2020. 

Padahal menurutnya, mayoritas Bobotoh pasti sangat ingin melihat langsung launching tim kebanggaannya yang akan berlaga di kompetisi Liga 1 2020. 

"Menurut saya sebagai Bobotoh mengenai launching team Persib di Hotel sungguh gak wajar, hati kecil saya kecewa pasti Bobotoh yang lain pun ada yang merasakan seperti saya," kata Deni, Selasa (25/02/2020). 

"Apalah arti dengan slogan 'Ngahiji' Ngahiji tuh kan artinya bersatu, mempersatukan Bobotoh dan pemain atau pun manajemen, supaya Persib  makin maju dan bisa juara," jelasnya menambahkan. 

Deni menuturkan, acara perkenalan launching seharusnya digelar secara terbuka seperti pada musim sebelumnya yang digelar di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. 

Sehingga, semua lapisan Bobotoh bisa hadir dan berbaur menyaksikan perkenalan tim kebanggaannya. 

"Harapan saya sebagai Bobotoh seharusny launching di adakan secara terbuka  seperti di stadion atau di tempat-tempat terbuka di Bandung  kan banyak. Biar nuansa 'Ngahiji' itu ada," ungkapnya.

"Kan Persib tim besar dengan pendukung yang Besar. Wajar kalau Bobotoh ada yang kecewa seperti saya. Tidak bisa menyaksikan secara langsung launching tim kebanggaan," ucapnya. 

Kekecewaan juga dirasakan oleh Ginanjar, salah seorang Bobotoh dari Cimahi. Menurutnya, sebagai tim besar Persib seharusnya bisa memperkenalkan skuatnya secara terbuka kepada supporternya. 

Karena jika ada pembatasan seperti saat ini, Bobotoh seperti tidak dihargai oleh manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). 

"Ya sebagai Bobotoh biasa, menurut saya pribadi sangat kecewa, launching itu mestinya memperkenalkan tim ke semua supporternya. Karena, tim itu walaupun milik PT tapi tidak bisa dilepaskan dari supporternya itu sendiri," kata pria yang akrab disapa Kemod ini. 

Pria yang juga pengurus Viking STKIP ini menambahkan, seharusnya manajemen bisa merangkul Bobotoh. Karena, kehadiran Bobotoh sangat penting bagi tim Maung Bandung, selain itu supporter juga menjadi daya tarik bagi sponsor. 

"Supporter kalau dilihat lebih jauh itu sangat berperan penting buat kelangsungan tim itu sendiri, mulai dari pemasukan dari tiket. Belum lagi dari merchendise hak siar dan sponsor itu sendiri pasti liat dari animo Bobotohnya, gak mungkin lah klo sponsor mau mensponsori ke club tanpa liat basis supporter clubnya," ungkapnya. 

Launching ini, akan memperkenalkan tim dan jersey yang akan digunakan skuat Maung Bandung untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Selain itu, manajemen Persib menyiarkan secara langsung acara launching pada channel YouTube Persib.