Liga Champions

3 Catatan Mengejutkan Usai Napoli Tahan Imbang Barcelona di Liga Champions

Rabu, 26 Februari 2020 08:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Francesco Pecoraro/Getty Images
Duel udara antara bek tengah Barcelona, Gerard Pique (kiri) dengan gelandang serang Napoli, Piotr Zielinski dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di San Paolo. Copyright: © Francesco Pecoraro/Getty Images
Duel udara antara bek tengah Barcelona, Gerard Pique (kiri) dengan gelandang serang Napoli, Piotr Zielinski dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di San Paolo.

INDOSPORT.COM - Napoli harus puas berbagi angka dengan tamunya Barcelona dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 di Stadion San Paolo, Rabu (26/02/20) dini hari WIB. 

Napoli sempat unggul terlebih dahulu pada babak pertama melalui Dries Mertens (30'). Namun, keunggulan ini harus sirna karena gol Antoine Griezmann pada menit 57' yang membuat laga berakhir dengan skor 1-1. 

Napoli sendiri tampil tertekan di laga ini. Barca mampu menguasai 67 persen penguasaan bola. Walau begitu, tim tuan rumah sanggup melepaskan tembakan mengarah ke gawang lebih banyak dari Barca.

Duel seru dua tim legendaris ini pun menghasilkan sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Antoine Griezmann

Gelandang serang Barcelona, Antoine Griezmann, menjadi satu-satunya pemain Barcelona non-Messi yang mencetak gol away di fase knock-out Liga Champions sejak terakhir kali dilakukan Neymar melawan Bayern tahun 2015 silam. 

Ketergantungan Barca terhadap Messi memang sangat besar. Namun di laga lawan Napoli dini hari tadi La Pulga gagal mencetak gol away

Bagi Griezmann, satu gol ke gawang Napoli menambah koleksi golnya untuk Barca menjadi 14 gol di semua kompetisi musim ini. Griezmann juga sudah mencetak 24 gol sepanjang kariernya di Liga Champions. 

2. Rekor Tandang Buruk Barca Berlanjut

Hasil imbang melawan Napoli memperpanjang rekor buruk Barca tiap melakoni laga away di fase knock-out. Dari delapan laga, Barca cuma meraih 1 kali kemenangan, 2 kali imbang, dan menderita 5 kekalahan. 

Dari delapan laga itu Barca hanya mencetak tiga gol dan kebobolan 18 gol. Satu-satunya kemenangan Barca diraih atas Manchester United (1-0) pada April 2019 lalu. 

3. Debutan

Pertandingan antara Napoli vs Barcelona merupakan laga knock-out Liga Champions pertama yang diwarnai dengan pertemuan dua pelatih debutan. 

Barcelona saat ini dilatih pelatih baru, yakni Quique setien. Sementara Napoli saat ini dilatih oleh Gennaro Gattuso yang juga baru menangani tim di putaran kedua. 

Pada leg kedua nanti giliran Barca yang akan menjamu Napoli di Camp Nou pada 18 Maret 2020. Namun, sebelum bersua Napoli, Barca harus terlebih dahulu menghadapi Real Madrid dalam laga El Clasico di LaLiga Spanyol.