Bola Internasional

Bikin Geleng-geleng Kepala, Ini Deretan Sponsor Aneh yang Pernah Digunakan Klub Sepak Bola

Rabu, 26 Februari 2020 17:58 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© twitter.com/WashingtonSqFC
Jersey klub Amerika Serikat, Washington Square FC, memiliki sponsor situs dewasa. Copyright: © twitter.com/WashingtonSqFC
Jersey klub Amerika Serikat, Washington Square FC, memiliki sponsor situs dewasa.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima sponsor paling aneh nan lucu yang pernah digunakan oleh klub sepak bola di seluruh dunia.

Sepak bola tak lepas dari keberadaan sponsor sebagai salah satu nyawa bagi klub tersebut untuk tetap bertahan hidup atau eksis di dalam liga atau kejuaraan apapun yang mereka geluti. Selain itu, sponsor juga merupakan simbol keprofesionalitasan sebuah klub.

Selama ini, kita tentu sering melihat sponsor terkenal seperti 'Emirates', 'Qatar Airways', 'Pirelli', dan lain-lain yang terpampang di jersey depan klub-klub top Eropa seperti AC Milan, Barcelona, dan sebagainya. Di luar itu, ternyata ada juga sponsor dengan nama-nama yang menggelitik telinga.

1. Angry Birds (Everton)

© FFT
Sponsor Everton Copyright: FFTSponsor Everton

Siapa sangka klub sepak bola Liga Inggris rival sekota Liverpool yang bernama Everton itu pernah bekerja sama dengan sponsor dari salah satu permainan video game yang sempat marak beberapa tahun yang lalu, Angry Birds. Klub yang berjuluk The Toffees itu menggunakan sponsor tersebut pada 2017 yang lalu.

2. Flowery Field (Wiener Viktoria)

© FFT
Sponsor Wiener Viktoria Copyright: FFTSponsor Wiener Viktoria

Flowery Field atau jika diterjemahkan menjadi 'Lahan Berbunga', tentu sangat tepat jika dikaitkan dengan produk-produk tanaman atau sejenisnya. Namun, sponsor tersebut justru digunakan oleh klub sepak bola asal Austria yang bernama Wiener Viktoria pada 2019 yang lalu.

3. Burger King (Getafe)

© FFT
Sponsor Getafe Copyright: FFTSponsor Getafe

Klub sepak bola LaLiga Spanyol, Getafe, pernah bekerja sama dengan sponsor Burger King yang merupakan salah satu perusahaan burger terkenal di dunia itu pada musim 2009/10. Bahkan, wajah maskot Burger King ada di balik jersey tersebut. Sehingga, pemain yang melakukan selebrasi dengan gaya Ravanelli, akan menampakkan wajah sang maskot.

4. Soula (Voukefalas)

© FFT
Sponsor Voukefalas Copyright: FFTSponsor Voukefalas

Tim sepak bola asal Yunani, Voukefalas, menggunakan sponsor Soula yang merupakan rumah bordil di Kota Larissa pada 2012 yang lalu. Keputusan tersebut dibuat karena masalah ekonomi jika dilansir dari laman portal berita olahraga FourFourTwo. Bahkan, di jersey bagian belakang juga ada tulisan 'Villa Erotica' atau 'Vila Erotis'.

5. Columbia Pictures (Atletico Madrid)

© FFT
Sponsor Atletico Madrid Copyright: FFTSponsor Atletico Madrid

Pada 2013 yang lalu, raksasa sepak bola LaLiga Spanyol yang bernama Atletico Madrid menandatangani kerjasama dengan salah satu studio film terkenal dunia, Coumbia Pictures karena masalah ekonomi saat itu.

Hasilnya, jersey mereka dihiasi dengan judul-judul film dan serial karya Columbia seperti SWAT, Hellboy, Bad Boys 2, AnacondaL The Hunt for the Blood Orchid, dan lain-lain.

6. RedTube (Washington Square FC)

Pada tahun 2017 lalu, klub asal Amerika Serikat bernama Washington Square FC memperkenalkan jersey mereka dan menjadi sorotan dunia. Hal tersebut tak lepas dari sponsor yang berada di dada jersey mereka, yakni sebuah situs dewasa bernama RedTube.

Perkenalan jerseby unik nan nyeleneh ini mereka lakukan via media sosial resmi klub. Tak lama setelah perilisan tersebut, klub yang berdiri sejak tahun 2013 itu pun langsung viral dan menjadi gunjingan netizen kala itu.

Itulah lima sponsor paling kocak dan aneh yang pernah bekerja sama dengan klub-klub sepak bola dari dunia. Namun, tidak perlu jauh-jauh. Akhir-akhir ini juga sedang heboh bahwa klub Liga 1 Indonesia yang bernama Tira-Persikabo, menggunakan sponsor perusahaan judi SBOTOP.