Liga Indonesia

3 Fakta Mengejutkan Juan Marcelo Cirelli, Pelatih Anyar Klub Liga 2 PSBS Biak

Kamis, 27 Februari 2020 19:48 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Terdapat 3 fakta menarik dari pelatih anyar klub Liga 2 2020 PSBS Biak, yakni Juan Marcelo Cirelli (Argentina), Kamis (27/02/20).

Jelang pagelaran kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia yang bakal berjalan pada 13 Maret mendatang membuat tiap peserta memantapkan diri.

Sederet klub mulai dari Persijap Jepara, Mitra Kukar, Persis Solo, Sulut United, Tiga Naga, PSMS Medan, hingga PSBS Biak turut berbenah.

Tiap peserta Liga 2 membenahi segala faktor mulai dari stadion, manajemen, pelatih, hingga pemain yang didaratkan, dilepas, dan dipertahankan.

Seperti klub asal Papua, PSBS Biak yang saat ini memilih untuk mendatangkan pelatih asal Argentina Juan Marceloa Cirelli untuk sambut Liga 2 2020.

Kabar tersebut tersiar lewat unggahan di akun media sosial Instagram @biak_footballnew. Bahkan unggahan tersebut menampilkan Marcelo Cirelli.

"Ini coach Marcelo Cirelli dari Argentina. Saya siap bergabung dengan tim PSBS Biak dan memberikan prestasi terbaik," kata Marcelo, Selasa (25/02/20).

Dengan kedatangan Marcelo Cirelli ke PSBS Biak menunjukan kalau kompetisi Liga 2 ternyata memiliki keseksian tersendiri akan pelatih asing.

Sebab sejauh ini, sudah ada Rafael Berges (Badak Lampung), Angel Alfredo Vera (Persiba Balikpapan), Raja Isa (PSPS Riau), dan Eduardo Almeida (Semen Padang).

Meski begitu tedapat fakta menarik akan sosok Juan Marcelo Cirelli yang belum diketahui secara pasti oleh para penggemar sepak bola nasional.

1. Pernah Berkarier di Indonesia

Diketahui kalau Marcelo Cirelli ternyata sempat menjalani karier di kompetisi Indonesia sebagai pemain sepak bola profesional sebelum pensiun.

Marcelo Cirelli sempat berkiprah untuk Persebaya Surabaya (ISL) pada musim 2010 silam. Dalam catatan Soccerway, Marcelo bermain sebanyak sembilan kali saja.

Lalu sempat membela Persidafon Dafonsoro (2010-11), Persibo Bojonegoro (2012-13), dan Persis Solo (2013). Marcelo diketahui merupakan jebolan akademi River Plate (1998-99).

2. Lisensi Sesuai

Fakta menarik kedua menjelaskan kalau Marcelo Cirelli memiliki lisensi kepelatihan CONMEBOL A (ATFA-Argentina) per Maret 2019 lalu.

Artinya lisensi Marcelo setara dengan yang dipegang oleh kepala pelatih Bali United Stefano Cugurra atau yang biasa disapa Teco. Marcelo bisa saja melatih klub Liga 1.

Meski begitu lisensi tersebut sudah cukup untuk menangani klub Liga 2. Sebab berdasarkan peraturan operator kompetisi, kalau pelatih yang menukangi Liga 2 harus memiliki lisensi AFC B saja.

3. Perdana Latih di Indonesia

Fakta terakhir menampilkan kalau Marcelo Cirelli ternyata bakal melatih perdana di Indonesia kala resmi dikontrak oleh klub Liga 2 PSBS Biak.

Sebab menurut laporan akun media sosial Instagram @biak_footballnew kalau Marcelo Cirelli sempat melatih klub asal Argentina, yakni Colon FC.

Tak hanya itu PSBS Biak juga untuk pertama kalinya memakai jasa pelatih asing setelah tiga musim terakhir memakai juru taktik lokal dalam diri Frengky Samay (2017), Slamet Riyadi (2018-19).