Liga Indonesia

Gantikan Brian Ferreira, Ini 3 Kelebihan Lutfulla Turaev yang Bisa Untungkan Madura United

Kamis, 27 Februari 2020 19:14 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Regi Varghese/Getty Images
Lutfulla Turaev secara resmi telah diumumkan sebagai pemain baru Madura United di Liga 1 2020, menyusul dilepasnya Brian Ferreira. Sejumlah keuntungan bisa dihadirkannya. Copyright: © Regi Varghese/Getty Images
Lutfulla Turaev secara resmi telah diumumkan sebagai pemain baru Madura United di Liga 1 2020, menyusul dilepasnya Brian Ferreira. Sejumlah keuntungan bisa dihadirkannya.

INDOSPORT.COM - Lutfulla Turaev secara resmi telah diumumkan sebagai pemain baru Madura United di Liga 1 2020, menyusul dilepasnya Brian Ferreira. Sejumlah keuntungan bisa dihadirkannya.

Setelah mencoret Brian Ferreira dalam daftar pemain asingnya hanya beberapa hari jelang kickoff Liga 1 2020, Madura United bergerak cepat mendatangkan pengganti.

Adalah gelandang asal Uzbekistan Lutfulla Turaev, pemain yang diharapkan bisa menggantikan peran Brian Ferreira dengan lebih baik di Liga 1 2020.

Sebagai pemain baru di kompetisi Liga Indonesia, kualitas Lutfulla Turaev memang belum sepenuhnya diketahui penggemar sepak bola tanah air. Namun jika dilihat dari rekam jejaknya, sejumlah keuntungan kemungkinan bisa didapat dari Madura United dari pemain 31 tahun itu.

Apa saja keuntungannya? Berikut INDOSPORT merangkumkan.

Pemain Timnas Aktif

Keuntungan pertama yang bisa didapat dari Madura United dari sosok Lutfulla Turaev adalah statusnya sebagai pemain yang masih aktif memperkuat Timnas Uzbekistan.

Dengan status tersebut, tentu tak ada keraguan lagi bahwa kualitas Lutfulla Turaev masih berada dalam level tertinggi sebagai pesepak bola profesional.

Apalagi, jika melihat kualitas sepakbola Uzbekistan yang masih sedikit di atas Indonesia, maka menjadi sebuah keuntungan besar buat Madura United bisa mendapatkan salah satu penggawa Timnas berjuluk Srigala putih itu.

Terakhir kali nama Lutfulla Turaev masuk ke dalam skuat Timnas Uzbekistan sendiri terjadi di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia akhir tahun 2019 lalu (19/12/19). Ketika Uzbekistan berhadapan melawan Arab Saudi dan Palestina.

Pengalaman di Asia Tenggara

Meski terhitung sebagai pemain baru di kancah sepak bola Indonesia, namun sebenarnya Lutfulla Turaev tak benar-benar asing dengan sepak bola Asia Tenggara.

Sebab, pemain yang lahir di Yangier, China, pada 30 Maret 1988 itu pernah merumput di Liga Malaysia bersama dua klub, Felda United dan Trengganu FC.

Itu terjadi pada periode Januari 2016 hingga Juli 2017. Di mana Lutfulla Turaev bisa mencatatkan total 26 pertandingan, dengan lesatan 12 gol, secara total bersama Felda United dan Trengganu FC.

Dengan pengalaman bermain di Liga Malaysia, yang secara kultur tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Maka, rasanya tak akan jadi kesulitan untuk Lutfulla Turaev beradaptasi lama di Liga 1 2020 nanti. Dan itu tentu sebuah keuntungan buat Madura United.

Posisi Bermain

Keuntungan berikutnya yang bisa didapat Madura United dari Lutfulla Turaev adalah terkait kemampuannya yang bisa bemain di banyak posisi.

Berposisi asli sebagai gelandang tengah, Lutfulla Turaev  juga bisa sama baiknya ketika ditempatkan sebagai playmaker maupun gelandang bertahan.

Menurut data yang ada di Transfermarkt, Lutfulla Turaev sudah mencatatkan 20 penampilan sebagai gelandang bertahan dan 19 kali sebagai playmaker. Melengkapi 41 kali penampilannya sebagai gelandang tengah.

Selain di tiga posisi tersebut, Lutfulla Turaev tercatat juga pernah dimainkan sebagai geladang tengah, bahkan pemain belakang sekali pun.

Dengan kemampuan tersebut, tentu kehadiran Lutfulla Turaev akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi Madura United untuk mengarungi padatnya kompetisi Liga 1 2020 nanti.