Liga Indonesia

6 Klub Calon Juara Liga 1 Versi Komentator Kondang Liga Indonesia

Jumat, 28 Februari 2020 22:31 WIB
Editor: Coro Mountana
© sulselekspres.com
6 Klub Calon Juara Liga 1 Versi Komentator Kondang Liga Indonesia. Copyright: © sulselekspres.com
6 Klub Calon Juara Liga 1 Versi Komentator Kondang Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM – Menjelang sepak mulai Liga 1 yang akan digelar pada esok hari, komentator kondang Liga Indonesia, Binder Singh, menyebut 6 klub calon juara versinya.

Binder Singh, bukanlah sosok yang asing lagi bagi pecinta sepak bola terutama pada era 2000-an. Soalnya, Binder Singh sudah menjalani kariernya sebagai komentator sepak bola sejak 2001 di layar kaca TV.

Menjelang Liga 1 2020, Binder Singh pun memberikan analisisnya mengenai siapa yang bisa menjadi calon juara. Bagi pria yang akrab disapa bung Binder itu, syarat untuk menjadi juara adalah siapa yang bisa memanfaatkan sumber daya pemain yang ada.

Dengan kedalaman skuat yang mumpuni, klub tersebut tak perlu khawatir bila ada yang absen karena panggilan timnas, cedera atau akumulasi kartu. Melihat komposisi tim Liga 1 saat ini, Binder Singh pun menyebut 6 klub calon juara versinya.

“Sekarang ini tim yang punya skuat dalam kan banyak, ada Persebaya, Persija, Persib, Bali United, Persipura, dan Madura United. Jadi ini 6 tim yang saya bilang calon juara karena mereka memiliki kedalaman skuat,” ungkap pria yang juga kerap membahas analisis sepak bolanya di akun Youtube, Bola Bung Binder kepada INDOSPORT.

Tentu menarik untuk melihat apakah keenam tim itu memiliki kedalaman skuat yang mumpuni sehingga layak disebut sebagai calon juara Liga 1.

Persib Bandung

Kita mulai dari Persib Bandung yang memang memiliki kedalaman skuat sangat baik. Sebut saja posisi kiper yang diisi Teja Paku Alam, Dhika Bhayangkara hingga I Made Wirawan, khusus nama pertama tadi, ia sedang dalam peforma terbaiknya.

Di lini belakang, Nick Kuipers, Victor Igbonefo hingga Fabiano Beltrame bisa memberi rasa nyaman, sedangkan di tengah ada Omid Nazari, Beckham Putra hingga Ghozali Siregar. Lini serang Persib pun menyeramkan berkat eks Ajax, Geoffrey Castillon.

Persija Jakarta

© Herry Ibrahim/GettyImages
Striker muda klub Liga 1, Persija Jakarta, Heri Susanto (kiri) bersebrasi usai cetak gol ke gawang Geylang International Copyright: Herry Ibrahim/GettyImagesStriker muda klub Liga 1, Persija Jakarta, Heri Susanto (kiri) bersebrasi usai cetak gol ke gawang Geylang International

Persija Jakarta juga disebut oleh bung Binder sebagai calon juara Liga 1 berkat kedalaman skuatnya. Khususnya lini tengah yang bakal diisi oleh Marc Klok dan Evan Dimas sehingga keseimbangan Persija diyakini bakal terjaga.

“Contoh persija, dia ada skuat yang dalam, jadi nanti kalau ada yang dipanggil ke timnas, dia masih bisa mainkan yang lain atau mungkin ada yang absen karena akumulasi kartu dan cedera. Pemain pelapis yang ada bisa mengisi tapi tidak mengubah peforma tim,” lanjutnya.

Madura United

© maduraunitedfc.com
Gelandang serang Madura United Bruno Matos. Copyright: maduraunitedfc.comGelandang serang Madura United Bruno Matos.

Secara individu pas pra musim, Madura United dianggap sudah bermain bagus selama pramusim oleh Binder Singh. Namun ada satu kelemahan yaitu tak ada playmaker, tapi kehadiran Bruno Matos diyakini bakal menutupi titik lemah itu.

Permasalahan di Madura United sejak musim lalu memang tidak adanya playmaker akibat Zah Rahan cedera panjang, Diego Assis juga tidak terlalu optimal. Madura United sudah mencoba untuk bermain dari sayap, tapi itu sudah dibaca klub Liga 1 lainnya.

Persebaya Surabaya

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi Mahmoud Eid gol ketiga sebelum peluit wasit di bunyikan babak pertama. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTSelebrasi Mahmoud Eid gol ketiga sebelum peluit wasit di bunyikan babak pertama.

Selanjutnya ada Persebaya Surabaya yang dinilai memiliki skuat mumpuni dengan kehadiran dua pemain berkualitas di setiap posisi. Seperti kiper yang akan diperebutkan Angga Saputra dan Rivki Mokodompit.

Hansamu Yama, Rachmat Irianto, Arif Satriya, Zoubairou Garba bakal bersaing ketat di posisi bek tengah. Jangan lupa juga, di lini serang Persebaya memiliki David da Silva dan Mahmoud Eid yang bakal didukung oleh Makan Konate.

Persipura Jayapura

© Istimewa
Gelandang Persipura asal Brasil, Thiago Amaral saat berduel dengan Pemain PSS Sleman Copyright: IstimewaGelandang Persipura asal Brasil, Thiago Amaral saat berduel dengan Pemain PSS Sleman

Persipura Jayapura ternyata dianggap Binder Singh sebagai salah satu kandidat juara Liga 1 berkat skuat yang mumpuni. Kehadiran para pemain asing seperti Arthur Cunha, Takuya Matsunaga, Thiago Amaral, dan Sylvano Comvalius diyakini bakal jadi kekuatan besar.

Ditambah dengan bintang lokal seperti Boaz Solossa, Marinus Wanewar, Todd Rivaldo Ferre, hingga Ricardo Salampessy, akan membuat Persipura Jayapura semakin kuat.

Bali United

© Ofisial Bali United
Bali United vs Tan Quang Ninh Copyright: Ofisial Bali UnitedBali United vs Tan Quang Ninh

Terakhir, ada juara bertahan Liga 1, Bali United yang menurut Binder masih akan menjadi salah satu calon juara. Keberhasilan memertahankan Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Paulo Sergio hingga Ilija Spasojevic, diyakini akan membuat Bali United tetap stabil.

Selain kedalaman skuat, sebenarnya ada satu faktor lagi yang menjadi pertimbangan Binder Singh untuk calon juara Liga 1, yaitu rekam jejak pelatih.

Pelatih

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias angkat bicara perkembangan Persija dan kabar terbaru mengenai Marc Kloj. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Persija Jakarta, Sergio Farias.

“Dari 6 tim ini juga mayoritas tidak melakukan pergantian pelatih, hanya Madura dan persija. Tapi pelatih baru mereka juga tidak sembarang, punya cv bagus,”

“Robert Rene alberts pernah juara sama Arema terus PSM bisa dibawa ke 3 besar, Teco tak perlu diragukan, Jacksen juga, Sergio Farias memang baru tapi ia sukses di korea, Rahmad juga pernah juara,” lanjutnya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso juga memiliki rekam jejak sangat luar biasa di sepak bola Indonesia. Pada akhirnya itulah 6 klub calon juara Liga 1 versi komentator kondang Liga Indonesia, Binder Singh, bagaimana dengan versimu?

IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
10%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%