Liga Indonesia

3 Fakta Menarik Usai Persebaya Ditahan Imbang Persik di Liga 1

Sabtu, 29 Februari 2020 21:25 WIB
Editor: Coro Mountana
© Fitra Herdian/INDOSPORT
3 Fakta Menarik Usai Persebaya Ditahan Imbang Persik di Liga 1. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
3 Fakta Menarik Usai Persebaya Ditahan Imbang Persik di Liga 1.

INDOSPORT.COM – Usai Persebaya Surabaya ditahan imbang Persik Kediri dalam laga debut Liga 1 2020, ternyata terciptalah 3 fakta yang menarik untuk dibahas.

Duel Persebaya Surabaya vs Persik Kediri yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo pada akhirnya harus berakhir dengan skor imbang, 1-1. Sempat tertinggal melalui gol penalti dari Gaspar Vega, Persebaya akhirnya selamat dari kekalahan.

Setelah Hansamu Yama sukses menyamakan kedudukan sehingga membuat skor antara Persebaya vs Persik berakhir imbang. Hasil imbang pun jelas menjadi sebuah kerugian tersendiri bagi Persebaya karena laga sesungguhnya dimainkan di kandangnya sendiri.

Akibatnya, Persebaya pun gagal memuncaki klasemen sementara Liga 1 setelah di tempat lain, Madura United membantai Barito Putera dengan skor 4-0. Selain fakta Persebaya gagal ke puncak, masih ada hal menarik lainnya dari laga Persebaya vs Persik.

Aji Santoso Perbaiki Rekor Debut di Liga 1

Pertama, meski imbang, sebenarnya pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso telah memperbaiki rekor laga debutnya di setiap musim Liga 1 sejak 2017. Pada Liga 1 2018 di pekan perdana, Aji Santoso yang menangani Persela Lamongan kalah 1-2 dari Persipura Jayapura.

Sedangkan pada Liga 1 2019, Persela yang ditangani Aji Santoso justru dibantai Madura United dengan skor 1-5. Pada Liga 1 2017, Aji Santoso baru ditunjuk melatih Persela pada pekan ke-24, tapi lagi-lagi ia kalah 0-2 dari Arema FC dalam laga debutnya.

Kembali, Tim Tandang Tidak Bisa Menang

Fakta selanjutnya, laga perdana Liga 1 kembali membuktikan bahwa memang tidak ramah bagi tim tandang. Pasalnya sejak Liga 1 2017, hasilnya tim kandang meraih 2 kemenangan dan 2 hasil imbang tanpa pernah kalah.

Pada Liga 1 2017, Barito Putera sukses mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1. Pada Liga 1 2018, Persija Jakarta ditahan imbang Bhayangkara FC tanpa gol.

Sedangkan musim lalu, PSS Sleman yang bertindak sebagai tuan rumah sukses mengalahkan Arema FC dengan skor 3-1. Kini Persik Kediri yang bertindak sebagai tamu hanya mampu menahan imbang Persebaya Surabaya.

Pemain Lokal Gagal Lagi Jadi Pencetak Gol Debut

© Goal
Septian David Maulana saat memperkuat Mitra Kukar. Copyright: GoalSeptian David Maulana saat memperkuat Mitra Kukar.

Terakhir, kembali pemain lokal gagal menjadi pencetak gol debut. Setelah Septian David Maulana menjadi pencetak gol perdana di partai pembuka Liga 1 2017 antara Barito Putera vs Mitra Kukar, tidak ada lagi pemain lokal yang bisa menyamai pencapaian itu.

Seperti yang kita tahu, pada Liga 1 2018, skor antara Bhayangkara vs Persija berakhir imbang tanpa gol. Sedangkan musim lalu, Brian Ferreira yang menjadi pencetak gol di laga perdana Liga 1 2018.

Pada Liga 1 2019, bintang Persik Kediri, Gaspar Vega yang sukses menjadi pencetak gol perdana di Liga 1 2020. Itulah 3 fakta menarik usai Persebaya ditahan Persik dalam laga perdana Liga 1 2020.