Bola Internasional

Lakukan Pengaturan Skor, Legenda Timnas Laos Disanksi Seumur Hidup

Sabtu, 29 Februari 2020 07:38 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Goal.com
Lakukan Pengaturan Skor, Legenda Timnas Laos Disanksi Seumur Hidup. Copyright: © Goal.com
Lakukan Pengaturan Skor, Legenda Timnas Laos Disanksi Seumur Hidup.

INDOSPORT.COM - Terbukti melakukan pengaturan skor dalam salah satu pertandingan internasional, legenda Timnas Laos ini mendapat sanksi larangan bertanding seumur hidup.

Salah satu pencetak gol terbanyak dalam sejarah timnas Laos, Khampheng Sayavutthi, harus menerima hukuman larangan tampil dan berkecimpung dari dunia sepak bola seumur hidup.

Penyerang berusia 33 tahun yang telah menorehkan 15 gol dari 49 penampilan internasional tersebut, dinyatakan bersalah karena terlibat pengaturan skor dalam laga internasional kontra Hong Kong pada 5 Oktober 2017 lalu.

Tidak cuma Khampheng Sayavutthi, pemain muda Laos yang sempat digadang-gadang bakal menjadi superstar, Lembo Saysana, juga dinyatakan bersalah dan melanggar regulasi pasal 66 ayat 1 dari Kode Disiplin dan Etika AFC edisi 2018.

"Komite Disiplin dan Etika AFC telah mengambil tindakan tegas terhadap bentuk pengaturan skor dengan menghukum dua pemain tim nasional Laos, Khampheng Sayavutthi dan Lembo Saysana, dari semua kegiatan sepak bola seumur hidup," tulis laman resmi AFC pada Rabu (26/2/20) silam.

Laos sendiri bukan sekali ini terbukti melakukan pelanggaran pengaturan skor, pada 2017 lalu AFC juga menjatuhkan sanksi terhadap 22 orang pemain dan ofisial dari Lao Toyota (klub Laos) dan pemain Kamboja karena aksi serupa.

"AFC telah menyelidiki adanya manipulasi pertandingan yang melibatkan tim dari Federasi Sepakbola Laos yang dimulai pada 2014 dan terus berkelanjutan. Penyelidikan ini dibantu Sportradar dan Unit Integritas FIFA," tulis AFC.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%