Liga Italia

3 Batu Sandungan Lazio Menuju Tangga Scudetto Serie A 2019/20

Minggu, 1 Maret 2020 16:01 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Jalan Lazio merengkuh scudetto ke-3 mereka tentu bakal menemui banyak jalan terjal. Setidaknya ada tiga batu sandungan Lazio untuk juara. Copyright: © Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Jalan Lazio merengkuh scudetto ke-3 mereka tentu bakal menemui banyak jalan terjal. Setidaknya ada tiga batu sandungan Lazio untuk juara.

INDOSPORT.COM - Jalan Lazio merengkuh scudetto ke-3 mereka tentu bakal menemui banyak jalan terjal. Setidaknya ada tiga batu sandungan Lazio untuk juara musim ini.

Kemenangan 2-0 Lazio atas Bologna di Stadion Olimpico dalam laga lanjutan Serie A Italia pekan ke-26 membuat mereka berhasil mengudeta Juventus dari puncak klasemen.

Ini adalah kali pertama sejak terakhir kalinya Lazio berhasil duduk di puncak klasemen sementara Serie A Italia pada musim 2010/11 yang lalu, sebuah catatan mencengangkan dari Sang Elang.

Berbeda dari 2010/11, musim ini Lazio benar-benar menjadi penantang juara. Sampai pekan ke-26 Biancocelesti mengumpulkan 62 poin terpaut dua angka dari Juventus di posisi kedua. 

Para Laziale pun berhak bermimpi untuk kembali merasakan gelar scudetto setelah terakhir kali mereka cicipi pada musim 1999-2000 silam. 

Namun, jalan Lazio untuk merengkuh scudetto ke-3 mereka tentu bakal bakal menemui banyak jalan terjal. Setidaknya ada tiga batu sandungan Lazio menuju tangga scudetto Serie A 2019-2020. 

1. Lazio vs AC Milan (Pekan ke-30)

Pekan ke-30 Lazio akan kedatangan lawan kuat di Stadion Olimpico. AC Milan yang kini tengah mengalami peningkatan performa bakal jadi lawan yang berpotensi menggagalkan ambisi juara Lazio. 

Lazio sendiri memiliki head-to-head yang ketat dengan AC Milan. Hasil imbang sepertinya sangat mungkin terjadi. Tentu sangat merugikan bagi Lazio jika harus kehilangan dua poin di kandang dalam perburuan juara Serie A yang semakin ketat. 

2. Juventus vs Lazio (Pekan ke-34)

Laga kedua yang berpotensi menjadi batu sandungan tentu saja adalah lawatan ke markas Juventus, Allianz Stadium. Laga pekan ke-34 ini bakal sangat krusial bagi Lazio

Jika kalah, itu artinya Juventus bakal bertambah tiga poin. Tentu tiga poin ini bisa sangat-sangat krusial di pekan ke-34 alias pengujung liga. Namun sebaliknya, laga ini bisa jadi kunci bagi Lazio untuk merebut juara apabila mereka sanggup menang di markas Juventus yang terkenal angker. 

3. Napoli vs Lazio (Pekan ke-38)

Perburuan gelar Serie A 2019-2020 terbilang istimewa. Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, perburuan gelar juara kembali diramaikan oleh tiga tim.

Selisih poin Juventus, Lazio, dan Inter di posisi satu-tiga sangatlah ketat. Bukan tak mungkin penentuan juara akan ditentukan pada pekan terakhir. 

Kabar buruk bagi Lazio, pada pekan terakhir mereka harus bertamu ke markas Napoli, tim yang tengah kembali ke tren positifnya musim ini. 

Di bawah pelatih anyar, Gennaro Gattuso, Napoli baru saja menang tiga kali beruntun. Performa positif pun diyakini bakal berlanjut di sisi musim. Napoli berpotensi besar mengubur mimpi Lazio merengkuh gelar scudetto.  

1