Liga Indonesia

Unik, Klub Legendaris Indonesia Ini 'Bawa' Manchester United demi Gelar Juara

Minggu, 1 Maret 2020 15:48 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
PSP Padang yang mewakili Sumatera Barat keluar sebagai juara usai menang dramatis 2-1 atas Gabsis Sambas di final Piala Soeratin U-15 2019. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
PSP Padang yang mewakili Sumatera Barat keluar sebagai juara usai menang dramatis 2-1 atas Gabsis Sambas di final Piala Soeratin U-15 2019.

INDOSPORT.COM - Ajang Piala Soeratin U-15 2019 resmi berakhir, kemarin. PSP Padang yang mewakili Sumatera Barat keluar sebagai juara usai menang dramatis 2-1 atas Gabsis Sambas (Kalimantan Barat) di Stadion Manahan, Solo.

Meski telah usai, laga puncak sendiri memunculkan fakta unik dan menarik. Terutama dari keberhasilan PSP Padang, klub legendaris Indonesia itu comeback.

Dalam laga itu, Kalbar yang bermain taktis mampu menguasai jalannya babak pertama. Mereka bahkan unggul lewat Krisna Sulistia Budianto.

Namun, Sumbar yang pantang menyerah justru berhasil berbalik menekan di paruh kedua. Akhirnya, mereka membalikkan skor melalui Zulkifli Yahya dan Haviv Mumtaza.

"Saya memang berikan spirit Manchaster United yang bisa membalikkan skor untuk juara Liga Champions. Fakta itu memacu para pemain kami untuk terus tampil maksimal dan akhirnya bisa menang," kata pelatih PSP Padang, Gustiar.

Apa yang disampaikan sang pelatih merujuk kemenangan dramatis Manchester United atas Bayern Munchen di final Liga Champions edisi 1999. Dalam laga di Stadion Camp Nou, Barcelona, Setan Merah menang 2-1.

Saat itu, Munchen unggul cepat lewat gol Mario Basler saat laga berjalan enam menit. Pasukan The Bavarian seakan sudah menggenggam titel juara, Manchester United secara heroik membalikkan skor di masa injury time lewat Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer dan akhirnya jadi kampiun.