Liga Indonesia

Soal Wacana Pemain Asing di Liga 2, Begini Pandangan PSMS Medan

Minggu, 1 Maret 2020 10:40 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan, Philep Hansen, angkat suara perihal wacana penggunaan para pemain asing untuk mengarungi kompetisi Liga 2 2020. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan, Philep Hansen, angkat suara perihal wacana penggunaan para pemain asing untuk mengarungi kompetisi Liga 2 2020.

INDOSPORT.COM - PSMS Medan angkat suara perihal wacana penggunaan para pemain asing untuk mengarungi kompetisi Liga 2 2020.

Wacana itu kembali berembus setelah salah satu kontestan Liga 2 mengajukan tambahan regulasi dalam pertemuan PSSI dengan klub-klub dari Liga 1 dan Liga 2 belum lama ini.

Menanggapi hal itu, Pelatih PSMS, Philep Hansen, mengaku belum terpikir untuk menggunakan jasa pemain asing di skuat timnya saat ini untuk mengarungi Liga 2 nanti.

"Waduh, saya belum terpikir hal itu. Tapi, saya pribadi tak terlalu berharap hal itu. Karena saya telah menyiapkan tim yang sudah ada sejauh ini," kata Philep, Sabtu (29/2/2020).

Hal senada juga dilontarkan Manager PSMS, Mulyadi Simatupang. Menurutnya tidak begitu penting menggunakan jasa pemain asing untuk kompetisi Liga 2.

Selain itu, hadirnya pemain asing di Liga 2 akan menghambat perkembangan pemain lokal Indonesia. Sebab, ia menilai tim-tim Liga 2 akan lebih banyak memakai jasa pemain asing ketimbang lokal jika hal itu diterapkan.

"Kalau saya pribadi untuk Liga 2 tak perlulah pemain asing. Karena kami saja untuk mencari striker lokal yang berkualitas saja cukup susah. Adapun pasti sudah main di Liga 1," ujarnya.

"Dan kalau itu ada takutnya talenta pemain lokal Indonesia kalah bersaing dengan pemain asing. Jadi, saya pribadi belum tepat penggunaan mereka di Liga 2," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, jadwal Liga 2 musim ini belum dirilis oleh pihak operator liga. Diagendakan jadwal itu akan segera keluar setelah klub-klub Liga 2 melakukan manager meeting dalam waktu dekat ini.