Liga Indonesia

Mulai Lakoni Jadwal Super Padat, Pelatih PSM Giatkan Rotasi Pemain

Senin, 2 Maret 2020 18:41 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© Media Officer PSM Makassar
Para pemain klub Liga 1, PSM Makasar saat sedang latihan. Copyright: © Media Officer PSM Makassar
Para pemain klub Liga 1, PSM Makasar saat sedang latihan.

INDOSPORT.COM - Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, bakal menggiatkan rotasi pemain disepanjang musim 2020 ini. Hal tersebut tak terlepas dari jadwal super padat yang mulai dilakoni Pasukan Ramang akibat mengikuti tiga kompetisi sekaligus.

PSM baru saja melalui laga pembuka Shopee Liga 1 2020 dengan kemenangan 2-1 kontra PSS Sleman di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (01/03/20). Selain itu, Willjan Pluim dkk. juga sudah memainkan dua laga di penyisihan grup H Piala AFC 2020.
 

Kebijakan yang bakal ditemput Hodak disepanjang musim ini sebagai antisipasi kehilangan pemain dalam jumlah banyak akibat cedera. Berkaca pada musim lalu, sejumlah pilar PSM silih berganti cedera karena tak kuasa melewati jadwal super padat seperti Pluim dan Abdul Rahman.

"Saya memilih fokus mempersiapkan tim dari laga demi laga karena kami akan bermain setiap empat hari sekali. Sehingga saya harus memaksimalkan lebih dari 11 pemain, mungkin 16 sampai 20 pemain akan silih berganti dimainkan," ungkap Bojan Hodak, Senin (02/03/20).

"Bisa saja pemain memiliki masalah berbeda-beda seperti cedera kecil atau kelelahan setelah memainkan tiga sampai empat laga. Jika saya melihat hal tersebut terjadi di latihan, tentu saya akan melakukan rotasi," tambah pelatih sepak bola berusia 48 tahun ini lagi.

Bojan Hodak sendiri sudah mengantisipasi hal tersebut dengan kebijakan transfer PSM pada jendela transfer awal musim Liga 1 2020 ini. Pelatih sepakbola berlisensi UEFA Pro ini memiliki dua sampai tiga pemain yang kualitasnya sama disetiap posisi dalam skuatnya.