Liga Indonesia

Profil Tijani Belaid, Eks Inter Milan yang 'Ngebet' Gabung Persija Jakarta

Senin, 2 Maret 2020 13:32 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Tijani Belaid saat berseragam Inter Milan dan Club Africain. Copyright: © Getty Images
Tijani Belaid saat berseragam Inter Milan dan Club Africain.

INDOSPORT.COM - Tijani Belaid, eks pemain Inter Milan tertarik bergabung Persija Jakarta yang saat ini ingin mencari playmaker asing. Berikut fakta singkat tentangnya.

Nama Tijani Belaid bagi sebagian orang Indonesia mungkin tidak asing didengar, pasalnya ia sudah pernah bermain di Indonesia. Klub Indonesia pertama yang di singgahi oleh Tijani adalah Sriwijaya FC pada musim 2017 dan Borneo FC pada 2018 lalu.

Mantan pemain Inter Milan ini mengaku bahwa dirinya tertarik untuk gabung ke Persija Jakarta untuk kompetisi Liga 1 2020. Terlebih posisi yang dimiliki oleh Tijani ialah gelandang serang (playmaker) yang saat ini di butuhkan oleh Macan Kemayoran.

“Tentu saja (tertarik gabung). Persija adalah salah satu tim terbaik di Indonesia dengan suporter terbanyak, stadion megah, dan kota yang bagus,” kata Tijani saat dihubungi INDOSPORT.com, Minggu (01/03/20).

“Sehingga bagi para pemain selalu bagus bermain untuk Persija,” sambung Tijani, yang mengaku menonton pertandingan Persija vs Borneo FC dari Prancis.

Saat ini, Tijani diketahui masih tengah bergabung dengan klub asal Irak, Erbil SC, dan kontraknya akan habis akhir Juli 2020, berdasarkan data Transfermarkt.

Selain ketertarikan nya untuk bergabung di Persija Jakarta, sosok Tijani Belaid masih memiliki sejumlah fakta menarik untuk disimak.

Pemain Berpengalaman

Tijani Belaid, mengawali karier nya dengan bergabung dengan akademi Inter Milan dan akhirnya sukses bergabung dengan tim senior. Akan tetapi ia tidak terlalu lama memperkuat Inter Milan.

Akhirnya, ia pun dipinjamkan ke PSV Eindhoven. Namun tidak dimasukkan pada tim utama, ia pun dipinjamkan ke Slavia Prague. 

Selain tiga klub Eropa tersebut, Tijani juga pernah bermain di berbagai di Afrika. Hingga akhirnya pada 2017 ia bergabung dengan klub asal Indonesia Sriwijaya FC dan Borneo FC.

Selama berseragam Sriwijaya FC, pemain 32 tahun ini mencatatkan penampilan sebanyak 26 laga dengan catatan 5 gol serta 2 asis. Sementara bersama Borneo FC, Tijani bermain sebanyak 13 pertandingan dengan mengemas 1 gol dan 3 asis.

Memiliki Dua Kewarganegaraan

Pemain yang memiliki tinggi badan 180 cm ini merupakan warga negara Prancis namun ia kelahiran Tunisia. Sesuai data yang yang disebutkan oleh Transfermarkt, ia memiliki dua kewarganegaraan yaitu Prancis dan juga Tunisia.
Di pertandingan internasional, Tijani Belaid juga pernah memperkuat Timnas Prancis U-19 dan Timnas Tunisia senior.

Gelandang Produktif

Pria kelahiran Prancis ini mencetak gol pertamanya pada ajang Liga Champions Eropa, di medio 2007 silam. Dengan status yang masih pinjaman, ia telah mencetak gol sebanyak empat gol dalam 15 pertandingan.

Pada 2008, akhirnya ia di kontrak secara resmi oleh Slavia Prague sebagai klub profesional dari Inter Milan. Karier nya selama tiga tahun bersama Slavia, Tijani berhasil mencetak 11 gol dalam 49 pertandingan. Saat ini Tijani masih berseragam klub Irak, Erbil SC.

Tentunya catatan Tijani Belaid selama berkarier di Eropa dan Indonesia bisa menjadi opsi buat Persija Jakarta yang tengah mencari sosok playmaker untuk membantu serangan armada Sergio Farias di Liga 1 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%