Liga Inggris

Resmi, Pelatih Liverpool Hengkang Jelang Melawan Chelsea di Piala FA

Senin, 2 Maret 2020 19:36 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Isman Fadil
© Simon Stacpoole/Offside via Getty Images
Pelatih Liverpool U-23, Neil Critchley, resmi hengkang jelang melawan Chelsea di Piala FA Copyright: © Simon Stacpoole/Offside via Getty Images
Pelatih Liverpool U-23, Neil Critchley, resmi hengkang jelang melawan Chelsea di Piala FA

INDOSPORT.COM - Liverpool menerima kabar buruk jelang laga melawan Chelsea di putaran kelima Piala FA, Rabu (04/02/20) dinihari WIB. Salah satu sosok kunci yang meloloskan The Reds ke babak kelima Piala FA telah resmi meninggalkan klub.

Pada akhir Januari lalu, Liverpool ditahan imbang 2-2 oleh klub kasta ketiga Liga Inggris, Shrewsbury Town, di babak keempat Piala FA. Akibatnya, The Reds terpaksa menjalani laga ulang pada 5 Februari.

Sayangnya, jadwal laga ulang tersebut persis berada di tengah-tengah libur musim dingin yang dijalani The Reds. Manajer Jurgen Klopp pun memutuskan untuk tidak memotong jatah libur anak asuhnya pada jeda musim dingin yang untuk kali pertama digelar di Liga Inggris.

Klopp dengan tegas menyatakan baik dirinya maupun pemain-pemain tim utama Liverpool tidak akan terlibat dalam pertandingan ulang tersebut.

Akibatnya, Liverpool pun menurunkan tim mudanya dalam pertandingan ulang yang digelar di Anfield tersebut. Dipimpin pelatih tim U-23, Neil Critchley, armada muda The Reds berhasil menundukkan tim tamu 1-0 lewat gol bunuh diri Ro-Shaun Williams. Hasil itu meloloskan Liverpool ke putaran kelima Piala FA untuk menghadapi Chelsea.

Istimewanya, kelolosan tersebut diraih dengan menurunkan susunan pemain dengan usia rata-rata 19 tahun 102 hari. Curtis Jones yang menjadi kapten dalam pertandingan tersebut bahkan baru berusia 19 tahun 5 hari.

Keberhasilan Liverpool lolos ke putaran kelima Piala FA meski tanpa menurunkan pemain utamanya tentu tak lepas dari tangan dingin Neil Critchley. Namun, menjelang menghadapi Chelsea tengah pekan ini,  The Reds dipastikan akan ditinggalkan pahlawannya itu.

Critchley resmi meninggalkan klub untuk mengisi posisi manajer di Blackpool, yang berkompetisi di kasta ketiga Liga Inggris.

“Tentunya kehilangan sosok profesional sekaliber Neil Critchley merupakan suatu kekecewaan, tapi di saat yang sama kami sungguh gembira karena dia mendapatkan kesempatan istimewa ini,” tutur direktur akademi Liverpool, Alex Ingelthorpe, seperti dilansir Mirror.

“Blackpool menginginkan Neil karena pekerjaan yang dia lakukan di Liverpool dan itu menunjukkan kepada siapa pun yang ada dalam organisasi kami bahwa jika seseorang bekerja keras dan bekerja cerdas, maka imbalan pun akan menghampiri.”

Critchley sendiri mengaku gembira bergabung dengan Blackpool dan tak sabar lagi untuk memulai pekerjaan barunya. Debutnya sebagai manajer Blackpool akan dimulai akhir pekan ini ketika menghadapi tim asuhan Joey Barton, Fleetwood, dalam lanjutan League One.

1