Bola Internasional

Kisah Jadon Sancho, Dulu Dibuang Sekarang Disayang

Selasa, 3 Maret 2020 20:27 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© DeFodi Images/GettyImages
Jadon Sancho adalah aset terpanas dan pemain yang saat ini menjadi buruan beberapa klub-klub top di tanah Eropa. Copyright: © DeFodi Images/GettyImages
Jadon Sancho adalah aset terpanas dan pemain yang saat ini menjadi buruan beberapa klub-klub top di tanah Eropa.

INDOSPORT.COMJadon Sancho adalah aset terpanas dan pemain yang saat ini menjadi buruan beberapa klub-klub top di tanah Eropa.

Sebelum menjadi kesayangan semua pihak seperti sekarang, Sancho sempat merasa disia-siakan oleh Manchester City. Hal yang membuatnya mengambil keputusan berani untuk hengkang ke Bundesliga Jerman dan berseragam Borussia Dortmund di usianya yang baru menginjak 17 tahun.

Tanpa pengalaman di level senior, Sancho dengan gagah berani meninggalkan keluarganya di Inggris demi mimpinya untuk bisa menjadi bintang masa depan dunia.

Hasilnya, 2 tahun kemudian di musim 2019/20 ini dirinya tercatat telah mencetak 14 gol dan 15 umpan dalam 22 pertandingannya di Bundesliga Jerman bersama Dortmund. Catatan yang membuat dirinya diburu oleh banyak klub besar Eropa, termasuk City yang dulu sempat ‘membuang’ bakatnya.

Dilansir dari World Football Index, Sancho mengawali karirnya di City setelah manajemen The Citizens rela menggelontorkan dana transfer sebesar yang kabarnya mencapai 500 ribu poundsterling (9,1 miliar rupiah). Jumlah dana yang terhitung cukup besar hanya untuk menebus pemain berusia 14 tahun.

Tampil menawan di U-18 dan U-23 City serta masuk ke dalam skuat Inggris yang berhasil merengkuh Piala Dunia U-17 tahun 2017 lalu, Sancho merasa dirinya sudah layak untuk berada di tim senior dan meminta waktu bermain di skuat utama The Citizens. Dua hal yang tidak pernah dipenuhi oleh City.

Di tengah kemelut dan kebingungan, Dortmund datang menawarkan sesuatu yang sulit ditolak olehnya. Akhirnya Sancho memutuskan untuk menyeberang ke Signal Iduna Park dan ditebus dengan banderol seharga 8 juta poundsterling (145 miliar rupiah).

Pilihan yang tepat. Pasalnya Dortmund memberikan waktu bermain yang cukup untuknya. Sancho kemudian menjelma menjadi winger papan atas dan saat ini digadang-gadang telah siap untuk melanjutkan karirnya ke klub lain.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%