Liga Indonesia

Ancaman Virus Corona, PSS Pilih Tenang dengan Catatan Tetap Waspada

Rabu, 4 Maret 2020 15:25 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo klub Liga 1, PSS Sleman. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo klub Liga 1, PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Kasus virus Corona yang muncul di Indonesia mendapat tanggapan dari dokter klub Liga 2020, PSS Sleman, Elwizan Aminudin. Dirinya meminta kepada seluruh pemain untuk tenang, namun tetap menjaga kewaspadaan.

"Intinya, tidak perlu takut dengan kejadian itu. Tetap waspada, tapi juga jangan terlalu berlebihan," kata dokter yang akrab disapa Amin itu, Rabu (4/3/20).

Dia menjelaskan, sejauh ini para pemain memang enjoy dan tidak terpengaruh dengan adanya kasus virus COVID-19, di mana dua warga Depok, Jawa Barat, positif terjangkit virus mematikan tersebut.

Amin juga meminta kepada para pemain untuk terus menjaga kebersihan tangan. Penggunaan masker hanya untuk mereka yang sedang terserang flu biasa. 

"Hal yang positif karena memang tak perlu takut. Hanya waspada saja dengan menjaga kebersihan diri, terutama telapak tangan," ujar dia.

Mantan dokter timnas Indonesia U-19 itu juga menyoroti kepanikan masyarakat yang memborong masker. Menurutnya, menggunakan masker bukan sebuah pencegahan yang efektif dari terjangkitnya virus corona.

"Kebersihan tangan sebagai sumber bakteri. Masker itu boleh hanya untuk suspect flu biasa. Kalau masih normal tidak perlu, menjaga kebersihan tangan itu yang wajib," tegas Elwizan Aminudin.