Liga Indonesia

Cegah Korona, Dokter Persib Imbau Pemain Lakukan Pola Hidup Sehat

Rabu, 4 Maret 2020 16:16 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani mengimbau pemain dan official untuk menjaga kebugaran dan melakukan pola hidup sehat untuk mencegah virus korona (Corona Virus atau Covid-19). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani mengimbau pemain dan official untuk menjaga kebugaran dan melakukan pola hidup sehat untuk mencegah virus korona (Corona Virus atau Covid-19).

INDOSPORT.COM - Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani mengimbau pemain dan official untuk menjaga kebugaran dan melakukan pola hidup sehat untuk mencegah virus korona (Corona Virus atau Covid-19). 

Sejauh ini memang belum ditemukan obat korona, meski begitu menurut Rafi ada beberapa cara untuk mencegah korona, diantaranya menjaga pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan. 

Seperti diketahui belum lama ini dua Warga Negara Indonesia sudah positif terkena virus Covid-19 dan saat ini sedang mendapatkan perawatan. Keduanya, berasal dari Depok, Jawa Barat. 

"Artinya begini, ini kan namanya virus, sampai saat ini belum ada obatnya. Obatnya itu adalah daya tahan tubuh kita sendiri. Untuk menyiasati hal tersebut, saya menyarankan kepada pemain supaya mereka daya tahan tubuhnya tetap terjaga sama melakukan pola hidup sehat," kata Rafi, Rabu (04/03/20). 

"Artinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh itu, ya kalau ada waktu istirahat lakukan waktu istirahat dengan baik, asupan makanan yang seimbang, perbanyak sayuran dan buah-buahan," jelas Rafi menambahkan. 

Sebagai atlet, pemain Persib pasti sudah melakukan olah raga yang teratur, sehingga mereka tinggal menjalankan pola hidup sehat di luar aktivitasnya sebagai pesepak bola.  

"Terus olah raga teratur sudah lakukan. Nah untuk kesehariannya, karena kita tidak tahu ini, kegiatan di luar jadi biasakan setelah melakukan aktivitas atau mau melakukan, misalnya yang bersangkutan dengan makanan dan minuman selalu mencuci tangan yang bersih menggunakan sabun," ujarnya. 

Penggunaan masker menurut Rafi, dibutuhkan bagi orang yang kondisi tubuhnya sedang menurun atau akan melakukan perjalanan. Sehingga, makser rencanannya akan digunakan tim Maung Bandung saat bertolak ke Malang. 

"Jadi si masker dipakai misalnya saya kondisi badan saya menurun, saya ada batuk dan pilek saya menggunakan masker supaya tidak menular kepada orang lain," ungkapnya. 

"Kecuali misalnya seperti besok traveling, artinya kita tidak tahu hubungannya dengan orang-orang yang tidak di kenal, nanti kita menggunakan masker, nanti kita bekali handyclean untuk pembersih tangan. Pada saat traveling," jelasnya. 

Sebagai informasi, Persib akan melakoni pertandingan tandang di kometisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2020 menghadapi Arema FC, Minggu (08/03/20)