Liga Italia

Termasuk Serie A, Ribuan Kasus Virus Corona Tunda Kompetisi Olahraga di Italia

Rabu, 4 Maret 2020 13:51 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Hellas1903.it
Pemerintah Italia dikabarkan akan menunda semua kompetisi olahraga di negara tersebut, termasuk laga-laga Serie A Liga Italia 2019-2020, lantaran virus corona. Copyright: © Hellas1903.it
Pemerintah Italia dikabarkan akan menunda semua kompetisi olahraga di negara tersebut, termasuk laga-laga Serie A Liga Italia 2019-2020, lantaran virus corona.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Italia dikabarkan menunda semua kompetisi olahraga di negara tersebut, termasuk laga-laga Serie A Liga Italia 2019-2020, lantaran penyebaran virus corona yang masih mengancam.

Virus corona memang sudah masuk ke negara-negara Eropa, termasuk Italia, semenjak beberapa waktu yang lalu. Karena hal tersebut, 42 pertandingan sepak bola di Liga Italia terpaksa harus ditunda. Setelah itu, lima laga Serie A Liga Italia juga mengalami penundaan beberapa hari setelahnya.

Sekarang, melansir dari laman portal berita olahraga Sempre Inter, pemerintah Italia kabarnya akan menjajaki kemungkinan untuk menghentikan semua kompetisi olahraga di negara tersebut sampai 30 hari ke depan demi menghindari infeksi virus corona.

Ide tersebut dilontarkan oleh Scientific Technical Committee. Mereka melaporkan bahwa sampai hari ini, sudah ada 2.263 kasus yang muncul akibat virus corona. Dengan korban yang mencapai jumlah demikian, mereka berpikir akan lebih baik bagi pemerintah setempat untuk menghentikan segala bentuk turnamen olahraga.

Pasalnya, jika kompetisi tersebut terus dilanjutkan, bukan hanya atlet saja yang berpotensi terinfeksi, tapi juga warga yang berada di sekitar tempat perhelatan tersebut. Bahkan, bukan tidak mungkin seluruh wilayah di Italia bisa terkena dampaknya jika pemerintah tidak segera mengambil tindakan.

Komite tersebut juga menyarankan bahwa masyarakat yang sudah berusia 75 tahun ke atas diharapkan menghindari tempat-tempat keramaian atau wilayah padat penduduk. Bahkan, masyarakat dengan usia di atas 65 tahun yang sedang sakit juga diharapkan untuk tetap berada di rumah masing-masing atau segera ke rumah sakit setempat.

Selain itu, mereka juga menyarankan seluruh warga negara Italia, tanpa terkecuali, untuk menghindari berpelukan (sebagai simbol pertemuan atau perpisahan) dan juga jabat tangan. Hal ini secara umum untuk meminimalisir penyebaran virus corona melalui kontak fisik.

Kompetisi sepak bola Serie A Liga Italia 2019/20 sendiri juga mengalami penundaan di lima pertandingan, yaitu Udinese vs Fiorentina, AC Milan vs Genoa, Parma vs SPAL, Sassuolo vs Brescia, dan Juventus vs Inter Milan. Dikabarkan, semua laga tersebut akan dilaksanakan pada Mei 2020.

Tak hanya itu, pertandingan leg ke-2 semifinal Coppa Italia 2020 antara Juventus dan AC Milan juga resmi ditunda. Laga yang sebelumnya direncanakan untuk berjalan pada Kamis, 4 Maret 2020, harus mengalami pengunduran jadwal. Namun, belum ada informasi lebih lanjut kapan laga tersebut akan mendapatkan jadwal pastinya.