Liga Spanyol

Akhirnya Sukses Bersama Real Madrid, Courtois Bisa Jadi Kiper Terbaik LaLiga

Kamis, 5 Maret 2020 16:17 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Quality Sport Images/Getty Images
Thibaut Courtois berhasil tampil gemilang musim ini dan memiliki kans besar meraih trofi Zamora atau pengharagaan kiper terbaik di LaLiga Spanyol. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Thibaut Courtois berhasil tampil gemilang musim ini dan memiliki kans besar meraih trofi Zamora atau pengharagaan kiper terbaik di LaLiga Spanyol.

INDOSPORT.COM – Musim pertama Thibaut Courtois di klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, adalah salah satu periode tergelap dalam karier sepak bola profesionalnya, namun tidak musim ini.

Seperti diketahui, bermain di LaLiga Spanyol sebanyak 27 kali dan kemasukan 36 gol membuat Courtois dan Real Madrid harus mengakhiri musim 2018-2019 di peringkat ke-3.

Namun, musim 2019-2020 ini, Courtois tampaknya berhasil menemukan kembali alasan Los Blancos ngotot mendatangkan dirinya. Penjaga gawang asal Belgia tersebut berhasil tampil gemilang sejauh ini.

Courtois bahkan memiliki catatan yang lebih baik dari 2 penjaga gawang papan atas lainnya, Marc-Andre ter Stegen dan Jan Oblak.

Dilansir dari Marca, Courtois mencatatkan penyelamatan 76,67 persen dan hanya kebobolan 24 gol dari 23 penampilannya di LaLiga Spanyol. Selain itu, ia juga berhasil mencatatkan 12 clean sheet sepanjang musim ini, yang mana sangat berbeda dibandingkan musim lalu.

Sementara itu, Oblak hanya mampu mencatatkan 75 persen penyelamatan dan telah kebobolan 19 gol dari 26 laga yang dia mainkan di LaLiga Spanyol.

Ter Stegen lebih parah lagi. Penjaga gawang yang dianggap mampu menggantikan posisi dan peran Manuel Neuer di Timnas Jerman ini hanya mencatatkan 65,06 persen penyelamatan dan kebobolan 29 kali dari 25 laga di LaLiga Spanyol.

Ini membuat Courtois sementara memimpin dalam perburuan gelar kiper terbaik LaLiga Spanyol musim 2019-2020. Gelar yang biasa disebut sebagai trofi Zamora tersebut dianugerahkan kepada penjaga gawang yang memiliki catatan kebobolan paling sedikit di LaLiga Spanyol.

Barisan belakang Real Madrid yang musim ini tampil sangat kukuh dan kuat juga memiliki andil yang besar bagi kecermelangan seorang Thibaut Courtois sepanjang musim ini.

Penampilan solid Sergio Ramos dkk dalam mengawal lini belakang Los Blancos ditambah kegemilangan Courtois di bawah mistar adalah resep sukses Zinedine Zidane untuk kembali menjadi kampiun LaLiga Spanyol musim ini.