Liga Spanyol

Mengenang Momen Terbaik Ronaldinho Saat Masih di Barcelona

Kamis, 5 Maret 2020 17:58 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© squawka
Nama Ronaldinho begitu melegenda di kancah sepak bola berkat kepiawaiannya mengolah si kulit bundar. Copyright: © squawka
Nama Ronaldinho begitu melegenda di kancah sepak bola berkat kepiawaiannya mengolah si kulit bundar.

INDOSPORT.COM - Nama Ronaldinho begitu melegenda di kancah sepak bola berkat kepiawaiannya mengolah si kulit bundar. Hal tersebut dapat dilihat saat dirinya masih berkarier di Eropa, terutama saat membela panji Barcelona.

Pria bernama lengkap Ronaldo Assis de Moreira ini mengawali kariernya di sepak bola saat bergabung dengan Gremio pada usia 18 tahun. Kepiawaiannya membawanya melancong jauh ke Prancis bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Tak butuh waktu lama, nama Ronaldinho makin dikenal di jagat sepak bola meski saat itu bermain di Prancis. Barcelona pun mengendus bakatnya dan mendatangkannya pada tahun 2003. Saat itulah namanya mulai mendunia.

Pasalnya, pemain yang identik dengan gigi tonggosnya tersebut sangat lincah dalam mengolah si kulit bundar. Bahkan di musim pertamanya bersama Barcelona, ia mampu menunjukkan kelincahannya tersebut. Tepat pada musim 2003-2004, pria berusia 39 tahun ini melakukan aksi solo run yang berujung gol indah.

Dalam proses solo run tersebut, ia mampu mengecoh pemain lawan dan melepaskan tembakan indah. Tak cukup sampai di situ, Ronaldinho mampu memamerkan skill-nya kembali, kali ini lewat tendangan bebas. Sepakan melengkungnya mampu menjebol gawang lawan. 

Lalu, ada gayanya dalam ber-juggling sata menghadapi Athletic Bilbao. Dengan mudah ia mampu memperdaya setiap pemain yang menutup ruang geraknya dengan kontrol bola menawan.

Setiap trik dan skill terus ditampilkannya seolah-olah dirinya tengah menari di lapangan dan memanjakan mata pencinta sepak bola. Wajar saja, apabila mengingat dirinya berasal dari Brasil yang dikenal dengan Joga Bonito alias permainan indah.

Atas kepiawaiannya tersebut, nama Ronaldinho pun melegenda di kalangan pencinta dan pelaku sepak bola. Bahkan meski telah memutuskan pensiun, namanya tetap dipuja-puja sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.