Liga Inggris

Kisah Rekrutan Gagal Manchester United yang Pernah Ditipu Ronaldinho

Sabtu, 21 Desember 2019 22:18 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mantan pemain Manchester United, Kleberson, buka-bukaan kisah kedatangannya ke Liga Inggris, yang menyeret nama legenda sepak bola, Ronaldinho.

Kleberson memutuskan berseragam Manchester United pada tahun 2003 yang lalu setelah mendengarkan saran dari kompatriotnya, Ronaldinho. Saran tersebut kemudian menjadi salah satu penyesalan yang dia alami hingga saat ini.

Dilansir dari Mirror, Kleberson merasa dibohongi oleh Ronaldinho untuk mau menerima tawaran Manchester United. Tawaran itu kemudian tidak sesuai harapan pemain yang tampil impresif dan berhasil membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 2002 tersebut.

Kleberson dan Ronaldinho sendiri adalah target Manchester United pada bursa transfer musim panas 2003, setahun setelah penampilan eksplosif keduanya yang membuat Sir Alex Ferguson kepincut.

“Saat itu ada banyak klub yang menginginkan saya. Dua yang terdepan adalah Leeds United dan Manchester United. Saya hampir saja bergabung dengan Leeds jika saja Ronaldinho tidak menghasut saya saat itu,” ujar Kleberson.

Kleberson menambahkan, saat Mnchester United ngebet mendatangkannya, ia masih berlaga di Prancis untuk mengikuti Piala Konfederasi.

Saat itu dia sedang bersama saudara sekaligus agen Ronaldinho yang tiba-tiba mengatakan jika Manchester United menginginkan Kleberson dan Ronaldinho dalam waktu bersamaan. Kleberson dengan percaya diri tentu saja, mengiyakan tawaran tersebut.

Setelahnya, pemain lincah ini datang tanpa Ronaldinho. Kompatriotnya tersebut dia ketahui menolak tawaran Setan Merah dan lebih memilih melabuhkan nasibnya di Barcelona.

Kesenangan akan segera berlaga di Liga Inggris bersama kawan dekatnya tersebut harus pupus karena nyatanya Kleberson harus menghadapi kerasnya pertarungan kompetisi sepak bola Negara Ratu Elizabeth sendirian.

Didatangkan bersama Cristiano Ronaldo, eks gelandang veteran berusia 40 tahun ini digadang-gadang dapat melebihi Juan Sebastian Veron yang saat itu dilepas ke Chelsea.

Selama 2 musim petualangannya di Liga Inggris, Kleberson hanya berhasil mencatatkan 20 penampilan dan mencetak 2 gol di semua kompetisi bersama. Sementara Ronaldinho meraih belasan gelar termasuk Ballon d’Or tahun 2005, Kleberson harus bersusah payah menjadi pilihan utama Sir Alex Ferguson.

Sayangnya, hal tersebut tidak pernah terwujud dan dirinya selalu dipandang sebagai salah satu kegagalan transfer pemain yang Fergie lakukan.