Liga Inggris

Solskjaer Buka Peluang Permanenkan Ighalo di Manchester United

Kamis, 5 Maret 2020 20:22 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ole Gunnar Solskjaer tengah mempertimbangkan keputusan untuk mempermanenkan penyerang anyar mereka, Odion Ighalo. Pelatih Manchester United itu bahkan menyebut kehadiran sang penyerang Nigeria sebagai udara segar.

Ighalo didatangkan pada akhir bursa musim dingin lalu sebagai transfer kejutan. Manchester United yang tengah mengalami krisis penyerang di Liga Inggris akibat cederanya Marcus Rashford dikait-kaitkan dengan sejumlah penyerang seperti Edinson Cavani dan Paco Alacer.

Namun, Solskjaer justru memilih mendatangkan Ighalo dari klub peserta Liga Super China, Shanghai Shenhua ke Manchester United.

Keputusan itu sempat menimbulkan pertanyaan besar dari sejumlah pihak, mengingat Ighalo tidak punya pengalaman bermain di klub besar.

Meskipun berpengalaman bermain selama tiga tahun di Liga Primer Inggris, saat itu ia hanya memperkuat klub medioker, Watford, dengan catatan 40 gol dari 100 penampilan di semua kompetisi.

Ighalo sendiri menyambut gembira kepindahannya ke Old Trafford. “Ini mimpi yang jadi nyata karena sejak kecil saya mendukung dan memimpikan menjadi pemain Manchester United.”

Sejauh ini Ighalo baru diturunkan Solskjaer dalam lima pertandingan di semua kompetisi, dengan hanya sekali sebagai starter yaitu ketika menghadapi Club Brugge di Liga Europa, akhir Februari lalu. Ia pun mencetak gol pertamanya bagi Setan Merah di laga tersebut.

Meski belum mampu menjadi pilihan utama, Solskjaer puas dengan keberadaan Ighalo. “Dia di sini karena dia pencetak gol yang bagus dan tipe penyerang yang berbeda dengan penyerang yang kami miliki.”

“Kami mungkin akan menuju musim panas dan berpikir kami akan memperpanjang kehadirannya. Siapa tahu? Keberadaannya terasa seperti udara segar."

“Ia mendapatkan peluang dalam penampilan lima menitnya saat melawan Chelsea, ia mencetak gol melawan Brugge, ia mendapatkan peluang lagi melawan Watford. Peluangnya diselamatkan saat melawan Everton. Ia jarang meleset dari target.”

Pelatih asal Norwegia itu juga memuji kehadiran Ighalo yang memberikan pengaruh bagus bagi penyerang lainnya.

“Anthony (Martial), Mason (Greenwood), dan Marcus (Rashford) bisa belajar bahwa di sanalah para hiu berenang. Rasanya nyaman bermain di luar kotak (penalti) dan Anda bisa melepaskan beberapa tembakan,” tutupnya.