Liga Inggris

Harga Klub Liga Inggris Ini Setara Klausul Jual Pemain Anyar Barcelona

Minggu, 8 Maret 2020 19:30 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matt Watson/Southampton FC via Getty Images
Klub Liga Inggris, Southampton, menjual saham mayoritas timnya dengan harga setara klausul jual pemain anyar Barcelona, Martin Braithwaite. Copyright: © Matt Watson/Southampton FC via Getty Images
Klub Liga Inggris, Southampton, menjual saham mayoritas timnya dengan harga setara klausul jual pemain anyar Barcelona, Martin Braithwaite.

INDOSPORT.COM - Klub papan bawah Liga Inggris, Southampton, nampaknya mulai turun gunung setelah dilaporkan berencana menjual saham mayoritasnya sebesar 250 juta poundsterling (Rp4,6 triliun) atau setara klausul jual penyerang anyar Barcelona, Martin Braithwaite.

Melansir dari HITC, Southampton telah menunjuk seorang broker untuk mencarikan pembeli klubnya. Hal ini dikarenakan tim berjuluk The Saints ini ingin menstabilkan keuangan klub.

Alhasil, pilihan untuk menjual saham mayoritas klub diambil oleh Southampton. Dengan mahar 250 juta poundsterling, angka ini terbilang kecil untuk klub yang berlaga di gemerlapnya Liga Inggris.

Penjualan ini didasari dari keuntungan minim yang didapatkan Southampton sepanjang musim 2018-2019. Pada musim tersebut, The Saints hanya meraup untung 28,6 juta poundsterling (Rp531 miliar) saja, yang mana jauh dari kata sehat untuk tim yang berlaga di kasta tertinggi Inggris.

Meski begitu, banyak yang meyakini saham mayoritas Southampton ini bisa saja menjadi titik balik tim tersebut. Apalagi The Saints terbilang sebagai tim paling stabil di Liga Inggris, tentu mahar 250 juta poundsterling yang dipatok bisa terbilang murah. 

Apalagi jika dibandingkan dengan klausul gila-gilaan yang dicanangkan Barcelona untuk pemain sekelas Martin Braithwaite. Harga jual pemain anyarnya tersebut hampir sama dengan harga saham mayoritas yang dilepas Southampton ke publik.

Tentu dengan perbandingan ini, publik maupun pengusaha bisa menilai investasi manakah yang pantas dipilih. Dengan kata lain, lebih baik memnggelontorkan uang 250 juta poundsterling untuk sebuah klub seperti Southampton atau untuk pemain seperti Martin Braithwaite.