Liga Inggris

Jelang Derby Manchester, Man City Izinkan Sergio Aguero Pergi

Minggu, 8 Maret 2020 21:38 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Yohanes Ishak
© Catherine Ivill/Getty Images
Striker klub Liga Inggris, Manchester City, Sergio Aguero. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Striker klub Liga Inggris, Manchester City, Sergio Aguero.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari klub Inggris, Manchester City jelang laga Liga Inggris 2019-2020 pekan ke-29 bertajuk Derby Manchester melawan tuan rumah Man United di Old Trafford.

Juara bertahan Liga Inggris dikabarkan siap melepas penyerang utama mereka, Sergio Aguero. Namun, The Citizens baru akan melepas pencetak gol terbanyak mereka sepanjang sejarah itu dengan satu syarat.

Seperti diketahui, Februari lalu UEFA menjatuhkan hukuman berat kepada Manchester City.

Klub asuhan Pep Guardiola itu dijatuhi larang tampil di Liga Champions selama dua musim. Sanksi itu dijatuhkan setelah City disebut bersalah karena telah memalsukan nilai pemasukan sponsor dalam laporan keuangan mereka.

The Citizens pun langsung mengajukan banding kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Namun, hingga kini belum diketahui apakah banding tersebut akan diterima.

Man City sendiri berkeras tetap akan mempertahankan pemain-pemain bintangnya jika hukuman tersebut benar-benar dijatuhkan. Namun, manajemen City rela memberikan pengecualian untuk Aguero.

Penyerang Argentina ini sebenarnya masih terikat kontrak hingga akhir musim depan. Meski demikian, ia akan berusia 32 tahun pada musim panas tahun ini dan menyadari kariernya sudah hampir berakhir.

© Visionhaus/GettyImages
Penyerang klub Liga Inggris, Manchester CIty, Sergio Aguero diizinkan pergi oleh klubnya. Copyright: Visionhaus/GettyImagesPenyerang klub Liga Inggris, Manchester CIty, Sergio Aguero diizinkan pergi oleh klubnya.

Jika larangan tampil di Liga Champions itu benar-benar diwujudkan, maka Aguero sudah akan berumur 34 tahun ketika City kembali tampil di ajang antarklub tertinggi Eropa tersebut.

Petinggi Manchester City disebut-sebut bersimpati pada situasi Aguero, khususnya karena sang penyerang dinilai telah memberikan banyak hal kepada The Citizens.

Selama sembilan tahun membela tim Biru Langit ini, Aguero telah menyumbangkan 254 gol di segala kompetisi dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka.

Sang penyerang juga menjadi tokoh utama kesuksesan City menjuarai Liga Inggris musim  2011/2012.

Ketika itu, gol Aguero ke gawang QPR pada pertandingan terakhir liga musim itu sukses membawa City menang 3-2 dan merebut gelar juara liga mengungguli rival sekola mereka, Manchester United.

The Sun menyebut Aguero tidak memiliki keinginan untuk meninggalkan Manchester  City. Namun, absennya City dari Liga Champions mungkin dapat mengubah pikirannya. Jika itu terjadi, pihak klub menyatakan tidak akan menghalang-halangi keputusan Aguero.

Namun, hal yang dilakukan ke Sergio Aguero tidak akan terjadi kepada sejumlah bintang lain Manchester City, seperti Raheem Sterling dan Kevin De Bruyne. Pep Guardiola berkeras akan menjaga keutuhan skuatnya demi menjuarai Liga Inggris musim depan setelah gelar musim ini kemungkinan besar akan jatuh ke tangan Liverpool.