Liga Inggris

Tanpa Pogba, Begini Taktik Mengerikan Formasi Gelandang Manchester United

Minggu, 8 Maret 2020 17:18 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Regan/GettyImages
Tanpa Paul Pogba, begini formasi mengerikan gelandang klub Liga Inggris, Manchester United. Copyright: © Michael Regan/GettyImages
Tanpa Paul Pogba, begini formasi mengerikan gelandang klub Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris, Manchester United, nampaknya memiliki taktik formasi gelandang mengerikan meski tidak diperkuat sang bintang utama, Paul Pogba.

Sebelumnya, Pogba dikonfirmasi tak akan bisa memperkuat The Red Devils karena masih menjalani masa rehat akibat cedera engkel saat awal mula bergulirnya kompetisi sepak bola kasta atas Inggris itu.

Meski demikian, Ole Gunnar Solskjaer selaku pelatih meyakinkan bahwa tanpa Paul Pogba sekali pun, Manchester United sudah memiliki taktik jitu dengan memanfaatkan pemain lain. Salah satunya ketika mengandalkan empat gelandang spesialis kala menahan imbang 1-1 Everton di Liga Inggris, Minggu (01/03/20).

Kala itu Solskjaer menurunkan Fred, Scott McTominay, dan Nemanja Matic, lalu keikutsertaan Bruno Fernandes membuat formasi 4-1-2-1-2 kian lengkap karena bisa mendominasi penguasaan bola. Merasa menjajikan, Solskjaer pun yakin akan mencoba cara ini lagi.

"Paul akan kembali dan memberi kami peningkatan. Tapi kami sudah tampil cukup bagus dengan performa fantastis Nemanja dan Fred, selain itu Scott juga sudah dalam kondisi sehat lagi," ujar Solskjaer, dilansir dari berita Manchester United laman Manchester Evening News.

"Nanti kami bisa memainkan empat gelandang dengan keikutsertaan Fernandes. Sangat bagus ketika menguji coba ke Everton, dan saya pikir formasi ini memiliki kualitas mumpuni," tutupnya.

Kedatangan Bruno Fernandes nyatanya memang membawa tuah apik, seperti kembalinya kesehatan McTominay dan penampilan impresif dua gelandang lain. Fred sukses bangkit dengan masuk nominasi pemain Manchester United terbaik bulan Januari, sementara Matic mampu tampil delapan kali dalam sembilan laga terakhir.

Berkat keempat gelandang tersebut, Manchester United terbilang sukses meraih predikat unbeaten alias tak terkalahkan dalam 9 pertandingan terakhir. Jika Pogba kembali, nampaknya akan kian memperkuat sepak terjang mereka di kancah Liga Inggris nantinya.