Bola Internasional

Gara-gara Virus Corona, PSM vs Kaya FC Dihelat Tanpa Penonton

Senin, 9 Maret 2020 15:03 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer PSM Makassar
Asisten pelatih PSM Makassar, Nenad Bacina, bersama Willjan Pluim saat memasuki lapangan Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (25/02/20). Copyright: © Media Officer PSM Makassar
Asisten pelatih PSM Makassar, Nenad Bacina, bersama Willjan Pluim saat memasuki lapangan Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (25/02/20).

INDOSPORT.COM - Virus Corona terus menyerang dunia olahraga, khususnya sepak bola. Setelah sejumlah laga di liga Eropa tertunda, terkini duel PSM Makassar vs Kaya FC di ajang penyisihan grup H Piala AFC 2020 akan dihelat tanpa penonton, Selasa (10/03/20).

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim yang merunut hasil Match Coordination Meeting (MCM). Sehingga Stadion Madya Senayan, Jakarta, yang menjadi venue untuk laga besok dipastikan akan sepi tanpa riuh penonton.

"Perihal virus corona yang sudah masuk ke Indonesia, khususnya Jakarta, pada MCM tadi ditetapkan bahwa laga tanpa penonton. Besok, juga akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh saat akan memasuki stadion dan yang di atas 38 derajat akan diberi tindakan khusus," ungkap Sulaiman, Senin (09/03/20).

Tentu saja, hal tersebut sangat merugikan PSM utamanya dalam hal finansial di mana panpel dipastikan tak akan meraup keuntungan sepeser pun. Begitupun dengan para pemain yang sangat membutuhkan dukungan penonton sebagai motivasi dalam berlaga.

Namun, meskipun sangat dirugikan dengan hasil keputusan MCM tersebut, PSM tak dapat berbuat apa-apa dan harus menerimanya. Sebab, tak mungkin mengganti venue di saat H-1 jelang laga sesuai yang disampaikan oleh pelatih Bojan Hodak kepada awak media.

"Saya tidak yakin venue laga bakal berganti dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum sepak mulai. Sebab ini laga internasional," ungkap pelatih sepak bola berlisensi UEFA Pro ini dalam sesi jumpa pers pra laga, Senin (09/03/20).

Pada kesempatan yang sama, penyerang Ferdinand Sinaga mengaku tak terganggu dengan tak bisanya para suporter PSM hadir memberikan dukungan di Stadion Madya. Pesepakbola asal Bengkulu ini tetap fokus dan bersemangat menyambut laga besok.

"Dari kami para pemain PSM, bermain di mana pun selalu siap yang penting itu tetap di lapangan sepak bola," tutur pesepakbola berusia 31 tahun ini yang disusul gelak tawa awak media olahraga yang hadir saat sesi jumpa pers pra laga.

PSM Makassar saat ini mengoleksi tiga poin dan berada di peringkat ketiga klasemen sementara grup H Piala AFC 2020. Sedangkan Kaya FC berada di puncak dengan koleksi empat poin, unggul satu poin dari Pasukan Ramang dari dua laga yang telah dimainkan.