Liga Indonesia

Terbentuk dari Kompetisi Usia Dini, Gelandang PSM Bongkar Kiat Jitu Jadi Pesepakbola Profesional

Senin, 9 Maret 2020 17:04 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Rasyid Bakri, hadir memberikan motivasi untuk pesepakbola muda diajang Aqua DNC 2000 Regional Makassar, Minggu (08/03/20). Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Rasyid Bakri, hadir memberikan motivasi untuk pesepakbola muda diajang Aqua DNC 2000 Regional Makassar, Minggu (08/03/20).

INDOSPORT.COM - Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Rasyid Bakri, membongkar kiat jitunya menjadi pesepakbola profesional. Sekadar informasi, pria asal Kabupaten Gowa ini dulunya terbentuk dari kompetisi sepak bola usia dini di Kota Daeng.

Ya, Rasyid Bakri dulunya membawa Makassar Football Scholl (MFS) 2000 mewakili Indonesia di ajang Aqua Danone Nations Cup (DNC) 2004 silam. Bersama kompatriotnya Kurniawan Karman, ia meraih peringkat ke-26 dari 32 negara yang berlaga di Perancis.

Setelah itu, Rasyid semakin terbentuk dan tumbuh berkembang menjadi pesepakbola profesional potensial. Aci, sapaan akrabnya pun berhasil menembus skuat utama PSM Makassar pada musim 2011 saat dilatih oleh Petar Segrt yang dikenal doyan dengan darah muda.

"Untuk adik-adik yang mempunyai cita-cita menjadi pemain sepak bola profesional, saya cuma kasih saran untuk harus disiplin. Sebab itu hal yang paling inti," ungkap Rasyid saat ditemui INDOSPORT di Stadion Barombong, Makassar, Minggu (08/03/20).

"Kedua harus bersungguh-sungguh dalam berlatih. Juga jangan lupa meminta restu dari orang tua karena itu sangat penting di dalam karier saya selama ini," tambah pesepak bola berusia 30 tahun yang dijuluki Pangeran Mattoangin ini.

Tak hanya menjadi pemain penting PSM selama 10 tahun berturut-turut, Rasyid juga pernah mencatat lima penampilan untuk Timnas Indonesia di tahun 2012 silam, termasuk di ajang Piala AFF. Selain itu, ia juga sempat menjadi penggawa Timnas U-23 dengan torehan sembilan penampilan.