Liga Indonesia

Profil Klub Liga 2 2020: Semen Padang, Misi Juara demi Kado HUT ke-40

Selasa, 10 Maret 2020 20:05 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo klub Liga 2, Semen Padang. Copyright: © INDOSPORT
Logo klub Liga 2, Semen Padang.

INDOSPORT.COM - Turun ke Liga 2 usai hanya semusim bertarung di Liga 1, Semen Padang FC menargetkan kembali promosi di akhir musim 2020 ini.

Sekadar mengingatkan, Semen Padang harus rela kembali terjerembab di Liga 2 2020 lantaran kalah bersaing di Liga 2 2019. Mereka akan tergabung dengan klub-klub besar di Wilayah Barat, seperti PSMS Medan, Sriwijaya FC, PSPS Riau, dan Badak Lampung FC.

Namun, dengan nama besar mereka dalam sepak bola Indonesia, rasanya tak akan sulit untuk klub berjuluk Kabau Sirah itu kembali ke kasta tertinggi Liga 1 musim mendatang.

Apalagi melihat kondisi saat ini. Masalah yang mereka alami selama mengarungi Liga 1 2019 perlahan mulai bisa teratasi.

Perihal manajemen misalnya, Semen Padang kini sudah melakukan restrukturisasi kepemimpinan lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) selaku pengelola tim.

Beberapa posisi penting ditambahkan, seperti Direktur Operasional tim, Direktur Keuangan dan Umum. Termasuk juga pergantian Komisaris Utama yang sebelumnya dijabat oleh Firdaus, kini digantikan oleh Khairul Jasmi.

Dengan perubahan struktural yang dilakukan tersebut, CEO Semen Padang Hasfi Rafiq pun berharap bahwa target menjadi juara Liga 2 2020, sekaligus promosi setelahnya, bisa mereka dapatkan di musim ini.

“Perubahan struktural ini merupakan hasil rapat dari pemegang saham. Kami harapkan ke depannya tim ini semakin solid dan kuat dan semakin profesional untuk mencapai target kita juara Liga 2 dan promosi ke Liga 1," ungkap Hasfi Rafiq lewat halaman resmi klub.

Dalam kesempatan lainnya Hasfi Rafiq juga menyebutkan bahwa gelar juara Liga 2 2020 menjadi target, sebab tahun ini mereka akan merayakan momen monumental, yakni genap berusia 40 tahun.

“Tahun ini klub akan genap berusia 40 tahun. Kami berharap selain lolos ke Liga 1, Semen Padang bisa juara Liga 2 2020,” kata Hasfi Rafiq.

Dengan target yang tak main-main itu, manajemen Semen Padang terlihat cukup serius mempersiapkan tim. Mulai dari menunjuk pelatih berlisensi UEFA Pro, Eduardo Almeida, mendatangkan pemain-pemain bintang, juga menggelar beberapa uji coba hingga ke Pulau Jawa.

Meski dalam laga uji coba tersebut, hasilnya belum sepenuhnya maksimal, grafik meningkat setidaknya sudah ditunjukan klub kebanggaan Urang Awak tersebut.

Skuat Semen Padang untuk Liga 2 2020 (per 10 Maret 2020):

Kiper: Rendy Oscario, Achmad Iqbal Bachtiar, Tegar Dadi Prakoso

Bek: Dimas Sumantri, Firdaus Ramadhan, Novrianto, Ricky Ohorella, Gilang Ginarsa, Yohanis Tjoe

Gelandang: Muhammad Fahri, Rudi, Apriyogi Yunespraga, Amin Rais Ohorella, Ahmad Maulana Putra, Aulia Hidayat, Rosad Setiawan, Vendry Mofu

Penyerang: Johan Yoga Utama, Vivi Asrizal, Sunarto, Nur Iskandar, Wimba Sutan Fanosa, Arianto.