In-depth

Wander Luiz dan Kutukan Menahun Striker Asing Persib di Liga Indonesia

Selasa, 10 Maret 2020 10:11 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Arif Rahman/INDOSPORT
pakah Wander Luiz mampu menghancurkan kutukan menahun striker asing Persib di Liga Indonesia? Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
pakah Wander Luiz mampu menghancurkan kutukan menahun striker asing Persib di Liga Indonesia?

INDOSPORT.COMWander Luiz tampil memukau dalam dua pertandingan awal kompetisi Liga 1 2020. Itu terbukti ketika ia mampu mengemas tiga gol dalam dua laga bersama Persib Bandung.

Saat menjalani debut bersama Persib di pertandingan resmi, Wander Luiz langsung mencatatkan brace saat membantu timnya membantai Persela Lamongan dengan skor 3-0.

Terakhir, striker asal Brasil tersebut kembali mencatatkan namanya di papan skor dalam kemenangan 2-1 Persib atas Arema FC. Saat itu Wander Luiz menorehkan gol dari titik putih.

Catatan ini nyatanya menjadi pencapaian positif tersendiri bagi penyerang asing Persib. Mengingat, sejak era Liga 1, belum ada striker yang mampu mengoleksi 3 gol dari 2 laga awal.

Bahkan penyerang sekaliber Ezechiel N’Douassel saja tidak bisa menorehkan catatan tersebut. Seperti yang diketahui, Ezechiel menjadi mesin gol Persib sejak Liga 1 2017 lalu.

Dirinya menjadi yang paling apik dibandingkan dengan striker asing Persib lainnya. Ia masih menakutkan pemain bertahan lawan dengan koleksi setidaknya 15 gol atau lebih dalam dua musim terakhir Liga 1.

Meski begitu, penyerang berkebangsaan Chad tersebut belum pernah masuk dalam daftar tiga besar top skor Liga 1. Produktivitasnya masih kalah dengan striker Persija Jakarta Marko Simic.

Bahkan torehan golnya masih kalah dengan beberapa penyerang asing debutan seperti Alex Goncalves, Aleksandar Rakic dan David da Silva.

Terlepas dari nama Ezechiel, Persib sempat memiliki kenangan buruk dengan para penyerang asing. Mereka adalah Jonathan Bauman dan Charlton Cole.

Kenangan buruk yang dimaksud adalah kedua penyerang asing tersebut tidak mampu menjawab ekspektasi yang diharapkan manajemen Persib.

Bahkan sekelas mantan bintang Liga Inggris, Charlton Cole tak mampu tampil moncer, hingga akhirnya sang pemain dicoret setelah bermain lima kali di Liga 1 2017.

Bauman sendiri nyatanya tidak begitu buruk menjalani musim bersama Persib. Ia mampu menorehkan 12 gol dari 26 pertandingan Liga 1 2018 lalu.

Meski begitu, Persib masih membutuhkan sosok penyerang berkualitas yang tampil produktif secara konsisten atau bahkan bisa menembus tiga besar daftar top skor Liga 1.

Dari beberapa penyerang asing yang dimiliki Persib, nyatanya tidak ada satupun yang mampu menjadi top skor Liga 1. Ini layaknya sebuah kutukan menahun Persib di Liga 1.

Bahkan sebelum era Liga 1 saja, Persib tidak punya sosok penyerang asing yang mengumpulkan banyak gol. Pada musim 2008/09 dan 2009/10 nyatanya penyerang asing Persib masih belum mampu menjadi top skor.

© Simamaung.com
Cristian Gonzales dan Abdulrahman saat berlatih bersama Persib di Stadion Bima Cirebon Copyright: Simamaung.comCristian Gonzales dan Abdulrahman saat berlatih bersama Persib di Stadion Bima Cirebon.

Saat itu Persib berpotensi punya sosok penyerang asing peraih top skor, yakni Cristian Gonzales (saat itu belum dinaturalisasi).

Pada Liga Indonesia 2008/09, Gonzales sebenarnya mampu menjadi top skor bersama Boaz Solossa (28 gol). Akan tetapi, gol itu ia torehkan untuk dua klub, yakni Persib dan Persik Kediri.

Pada musim berikutnya, Gonzales masih menjadi penyerang asing tumpuan Persib. Namun ia gagal merebut tahta top skor Liga Indonesia setelah kalah dengan torehan gol Aldo Barreto (19 gol).

Kini Persib punya sosok yang mungkin bisa diharapkan merebut penghargaan pencetak gol terbanyak Liga 1 2020. Mengingat, ia mampu tampil produktif dalam dua laga awal.

Apakah Wander Luiz mampu menghancurkan kutukan menahun striker asing Persib di Liga Indonesia? Patut dinantikan bersama.