Liga Champions

Profil Singkat Josip Ilicic, Rekan Eks Persib yang Catat Quattrick di Liga Champions

Rabu, 11 Maret 2020 08:58 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Fedenerazzura
Gelandang Atalanta Josip Ilicic telah menjadi buah bibir pecinta sepak bola internasional setelah tampil gemilang di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Copyright: © Fedenerazzura
Gelandang Atalanta Josip Ilicic telah menjadi buah bibir pecinta sepak bola internasional setelah tampil gemilang di leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Gelandang Atalanta Josip Ilicic telah menjadi buah bibir pecinta sepak bola internasional setelah tampil gemilang di leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Berhadapan dengan Valencia di Estadio de Mestalla, Rabu (11/03/20) dini hari WIB, Atalanta secara mengejutkan berhasil menyingkirkan wakil Spanyol tersebut dari ajang Liga Champions.

Sempat tertinggal 2-3 terlebih dahulu, akan tetapi tim tamu berhasil melakukan comeback sempurna dan menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan 4-3.

Menariknya, empat gol yang dihasilkan Atalanta tersebut dihasilkan melalui aksi Josip Ilicic seorang. Catatan quattrick itu nyatanya membuat Ilicic berhasil meraih beberapa rekor fantastis.

Salah satu rekor yang ia torehkan adalah Ilicic (32 tahun) resmi menjadi pemain tertua yang bisa mencetak empat gol dalam sebuah laga Liga Champions.

Ilicic mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Zlatan Ibrahimovic. Pada musim 2013/14 lalu, Ibra mencetak empat gol saat usianya menginjak 32 tahun dalam laga fase grup Liga Champions vs RSC Anderlecht.

Tak hanya itu, Ilicic juga berhasil menjadi pemain ketiga yang mampu mengoleksi lima gol lebih dalam saat menjalani leg pertama dan kedua di ajang Liga Champions, setelah Lionel Messi (6 gol) dan Cristiano Ronaldo (5 gol).

Ilicic sendiri berhasil mengumpulkan lima gol di babak 16 besar Liga Champions 2019/20. Sebelumnya, ia mampu mengemas satu gol di leg pertama dalam kemenangan 4-1 Atalanta.

Karena penampilan gilanya di babak 16 besar Liga Champions ini, maka INDOSPORT berencana untuk membahas profil singkat Josip Ilicic. Berikut ulasannya.

Profil Singkat Josip Ilicic

© Twitter @OptaJoe
Cetak Quattrick untuk Atalanta, Josip Ilicic Pecahkan 2 Rekor Tak Masuk Akal di Liga Champions. Copyright: Twitter @OptaJoeCetak Quattrick untuk Atalanta, Josip Ilicic Pecahkan 2 Rekor Tak Masuk Akal di Liga Champions.

Josip Ilicic memulai karier sepak bola sejak 1995 silam, di mana ia tergabung dalam akademi klub Slovenia Triglac Kranj selama kurang lebih 11 tahun. Setelah itu ia pun hijrah ke klub Slovenia lainnya, yakni Britof.

Barulah pada 2007, Ilicic mendapatkan kesempatan untuk melakukan debut profesionalnya bersama klub Slovenia Bonifika. Ia pun hanya bertahan satu musim di sana.

Ilicic sendiri masih bertahan di Liga Slovenia sampai 2010, di mana ia telah membela tiga klub. Selain Bonifika, Ilicic juga pernah berseragam NK Interblock Ljubljana dan NK Maribor.

Penampilannya yang cukup apik pun membuat Ilicic dipercaya membela Timnas Slovenia usia muda. Kini dirinya juga masih mendapatkan tempat di skuat Timnas Slovenia senior.

Jika dijumlahkan, Ilicic mampu mencatatkan 65 penampilan bersama Timnas Slovenia. Dari 65 kesempatan itu, dirinya mampu mengemas 9 gol dan 14 assist.

Pada momen bermain bersama Timnas Slovenia U-21, nyatanya Ilicic memiliki rekan mantan pemain Persib Bandung, yakni Rene Mihelic. Ilicic dan Mihelic merupakan tandem di lini tengah Slovenia U-21 di bawah asuhan pelatih Tomaz Kavcic.

Keduanya bermain bersama dalam empat pertandingan internasional melawan Rumania, Malta, Bosnia-Herzegovina, dan Ukraina. Tiga laga pertama berakhir dengan kemenangan dan satu laga terakhir Timnas Slovenia U-21 dipaksa tumbang.

Kembali ke karier klub, Ilicic pun sempat menjadi pengganti Mihelic di NK Maribor. Mihelic yang hengkang ke klub Liga Portugal CD Nacional pada 2010/11 membuat Maribor merekrut Ilicic dengan biaya yang sangat murah, 80 ribu euro (sekitar 1,3 miliar rupiah).

Kebersamaannya dengan Maribor pun hanya sebentar, setelah Ilicic mulai meniti karier di Liga Italia pada musim 2010/11. Klub pertama Ilicic di Liga Italia adalah Palermo, di mana ia mampu mengoleksi 25 gol dan 18 assist dari 107 laga.

Pada 2013/14, Fiorentina kepincut dengan kemampuan fantastis Ilicic. Bersama Fiorentina, Ilicic mampu megoleksi 37 gol dan 18 assist dari 138 pertandingan di semua ajang.

Barulah pada musim 2017/18, Ilicic menjadi bagian penting Atalanta hingga saat ini. Torehan golnya pun lebih banyak ketimbang saat masih di Fiorentina dan Palermo, di mana ia mampu mengemas 49 gol dan 28 assist dari 106 laga (jumlah itu masih bisa bertambah).