Liga Indonesia

Potret Aditya Ramadhan, Kiper Asal Sumut yang Dipanggil TC Timnas U-16

Rabu, 11 Maret 2020 16:31 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Herry Ibrahim
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Aditya Ramadhan (kanan atas) saat bersama timnya PSSA Asahan. Aditya dipanggil untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-16. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Aditya Ramadhan (kanan atas) saat bersama timnya PSSA Asahan. Aditya dipanggil untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COM - Aditya Ramadhan menjadi satu-satu pesepakbola asal Sumatera Utara (Sumut) yang masuk dalam daftar 25 pemain pilihan pelatih Bima Sakti untuk mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia U-16 di Bekasi, mulai 9 Maret hingga 20 Maret 2020.

Aditya sendiri tercatat sebagai kiper PSSA Asahan, klub Liga 3 Sumut. Ia merupakan pemain terakhir dipanggil bersama dua pemain lainnya, Yanari Ipung Kurniawan dan Krisna Sulistiawaty Budianto (Gabsis Sambas Kalimantan Barat).

Ketiganya adalah pemain yang dipantau talent scout PSSI selama Piala Soeratin U-15 yang telah berlangsung saat di Yogyakarta, Magelang dan Solo lalu. Bersama 24 pemain lainnya, Aditya dkk diproyeksikan tampil di Piala Asia U-16 2020 di Bahrain dan Piala AFF U-16 di Indonesia.

Pemanggilan putra asli Langkat, Sumut itu membuat bangga klub yang membesarkannya yaitu SSB Brimo Utama dan PSSA Asahan. Asisten Pelatih PSSA Asahan, Agus Riyadi yang dihubungi mengaku ini merupakan kabar baik buat Sumut.

"Tentunya kami bangga, khususnya Sumut karena ada wakil provinsi yang dipanggil untuk TC Timnas (U-16) ini," ujarnya, Rabu (11/03/20).

Agus menjelaskan Aditya memang bukan binaan mereka dari awal, melainkan di SSB Brimo Utama Langkat dan direkrut PSSA Asahan untuk even yang lebih tinggi lagi.

"Dia aslinya dari SSB Brimo Langkat, sekitar Juni 2019, talent scouting PSSA Asahan menemukan dia. Akhirnya kami negosiasi bersama orang tua Aditya juga klubnya SSB Brimo. Kami tawarkan untuk mengikuti jenjang lebih baik di PSSA Asahan untuk berlaga di Piala Soeratin U-15. Orang tua dan SSB-nya bersedia, akhirnya kami bekerja sama," ungkapnya.

"Talent scounting PSSI juga ada dari Liga Pro Elite yang datang langsung ke kami. Jadi dia sudah dipantau saat itu. Jadi dibilang terkejut tidak juga, tapi jelas kami bangga," bebernya.

Agus menjelaskan sejatinya saat merekrut Aditya, tim pelatih termasuk pelatih kepala Rahman Marabesi proyeksinya Aditya akan dilirik Timnas dua tahun ke depan dan berharap sang pemain bisa berlatih maksimal agar bisa benar-benar masuk skuat Timnas

"Namun, rezeki dia sudah bisa langsung masuk (Timnas) dari PSSA. Berlatih maksimal, jangan cepat puasa. Buat bangga Sumut," pungkasnya.